ANALISIS METODE PERHITUNGAN DATA SURVEY TERHADAP TONASE PER BUCKET TANAH PENUTUP DAN DATA TIMBANGAN BIJIH NIKEL PADA BUKIT HILUX PT. ANEKA TAMBANG Tbk. UBPN SULAWESI TENGGARA

MANUABA, IDA BAGUS KETUT DWIJA PUTRA (2018) ANALISIS METODE PERHITUNGAN DATA SURVEY TERHADAP TONASE PER BUCKET TANAH PENUTUP DAN DATA TIMBANGAN BIJIH NIKEL PADA BUKIT HILUX PT. ANEKA TAMBANG Tbk. UBPN SULAWESI TENGGARA. Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RINGKASAN (ABSTRACT).pdf

Download (352kB) | Preview

Abstract

Bukit Hilux adalah salah satu bukit yang berada di tambang utara PT. Antam Pomalaa, dengan luas tambang utara (1954Ha). Dalam melakukan operasi penambangan, ada beberapa kendala yang ditemui terutama dalam upaya untuk meningkatkan optimalisasi produksi. Berdasarkan rekonsiliasi sumberdaya dan cadangan semester 1 tahun 2017 diketahui terdapat perbedaan tonase dan kadar ≥ 10% yang terjadi pada bukit fortuner. Maka penelitian di fokuskan untuk menganalisi metode perhitungan data survey terhadap tonase per bucket dan data timbangan sehingga menemukan hasil perbedaan tonase ≥ 10% sesuai dengan batas dilusi. Hal inilah yang melatarbelakangi penulisan tugas akhir. Perhitungan diawali dengan kalibrasi dumptruck, bertujuan untuk mengetahui berat isi dan berat kosong muatan. Hasil dari kalibrasi tonase kemudian menjadi acuan tonase perbucket untuk kegiatan produksi.. Tonase bucket di dapat dalam perhitungan kalibarsi, tonase bucket untuk Excavator Komatsu PC 200 yaitu 1,8 ton/bucket, sedangkan Excavator Komatsu PC 350 yaitu 3,2 ton/bucket. Pada bulan november - desember untuk pemuatan overburden jumlah alat angkut yang digunakan yaitu 7 pada bulan november dan 5 pada bulan desember unit Dump Truck Hino 500 TI dengan total ritase 5.588 dengan total tonase 84.285,6 ton dan bulan november – desember untuk pemuatan ore digunakan alat angkut Dumptruck Hino 500 TI sebanyak 7 Unit dengan kombinasi alat muat Excavator Komatsu PC 200 sebanyak 2 unit. Perhitungan tonase ore menggunakan data timbangan yang disesuaikan dengan nomor lambung dumptruck, didapat total tonase yaitu 23.735,20 ton. Pada perhitungan mengganakan data survey di dapat total tonase overburden sebesar 82.416 ton dan sebesar 25.811 ton untuk ore. Dari hasil penelitian, alternatif penanganan masalah perbedaan tonase yang disebabkan oleh pengotor yang berupa silika yang menyebabkan bijih nikel memiliki kadar rendah yaitu dengan melakukan blending dengan kadar yang tinggi, sehingga material ore dengan kadar rendah tidak terbuang sehingga perbedaan tonase mendekati 0%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 15 Aug 2018 02:06
Last Modified: 15 Aug 2018 02:06
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16166

Actions (login required)

View Item View Item