ANALISIS KELAYAKAN EKONOMI RENCANA PENAMBANGAN BATUGAMPING DI PT AMIR HAJAR KILSI (AHK) DESA TEGALDOWO, KEC. GUNEM, KABUPATEN REMBANG PROVINSI JAWA TENGAH

PUTRA, ARDIAN PERMANA (2018) ANALISIS KELAYAKAN EKONOMI RENCANA PENAMBANGAN BATUGAMPING DI PT AMIR HAJAR KILSI (AHK) DESA TEGALDOWO, KEC. GUNEM, KABUPATEN REMBANG PROVINSI JAWA TENGAH. Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. COVER.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (158kB) | Preview

Abstract

Batu gamping (calcium carbonat) merupakan bahan galian yang banyak digunakan untuk dunia industri baik di indonesia maupun di luar negeri. Batu gamping dengan kwalitas tinggi sangat dibutuhkan untuk beberapa industri antara lain industri kertas, cat dan lain-lain PT. Amir Hajar Kilsi adalah perusahaan swasta yang bergerak di bidang pertambangan dan pengolahan batu gamping. Diharapkan dengan adanya perusahaan ini, khususnya untuk Kabupaten Rembang bisa bergerak dan bersaing maju dengan kabupaten lainnya serta mensejahterakan dan memajukan rakyat lokal disekitar area penambangan yaitu Desa Tegaldowo, Kecamatan Gunem, Kabupaten Rembang, Propinsi Jawa Tengah. Kegiatan analisis kelayakan ekonomi yang dilakukan meliputi perhitungan aliran keuangan yang terkait dengan keseluruhan kegiatan, seperti :investasi total (biaya pengadaan alat, persiapan penambangan dan modal kerja), biaya operasi, depresiasi, amortisasi, pajak dan pendapatan. Variabel - variabel tersebut ditempatkan dalam suatu aliran uang tunai (cash flow). Hasil kelayakan investasi dari proyek penambangan dapat diketahui dengan melakukan analisis terhadap net present value (NPV), discounted cash flow rate of return (DCFROR) dan pay back periode (PBP), sehingga dapat diketahui layak tidaknya suatu investasi. Dari semua struktur modal, tambang layak dioperasikan dikarenakan nilai NPV > 0. DCFROR > i* sebesar 14 %. pengembalian modal kurang dari rencana umur tambang yaitu 1 tahun. Berdasarkan analisis kepekaan penambangan untuk struktur modal tidak peka terhadap kenaikan dan penurunan pendapatan serta biaya operasi. Dalam skripsi ini digunakan 2 modal pembanding yaitu 100% Modal Sendiri dan 50% Modal Sendiri. Dari hasil analisis 100% Modal Sendiri didapatkan nilai NPV Rp. 8.610.908.308,- ; DCFROR 83,04 ; PBP 1 tahun 6 hari. Dari hasil analisis 50% Modal Sendiri didapatkan nilai NPV Rp. 13.821.380.612,- ; DCFROR 151,43% ; PBP 7 bulan 21 hari. Berdasarkan analisis kepekaan penambangan untuk struktur modal 100 % modal sendiri maupun struktur modal 50 % modal sendiri 50 % modal pinjaman tidak peka terhadap kenaikan dan penurunan pendapatan serta biaya operasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 13 Aug 2018 04:46
Last Modified: 13 Aug 2018 04:46
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16126

Actions (login required)

View Item View Item