RESPON PERTUMBUHAN TIGA VARIETAS SORGUM MANIS (Sorghum Bicolor, L. Moench) TERHADAP PEMBERIAN BERBAGAI MACAM PUPUK KANDANG

Agustina, Nur Anisah (2018) RESPON PERTUMBUHAN TIGA VARIETAS SORGUM MANIS (Sorghum Bicolor, L. Moench) TERHADAP PEMBERIAN BERBAGAI MACAM PUPUK KANDANG. Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
amstrack nisa.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover nisa.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI nisa.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
IMG_20180809_0001_NEW.pdf

Download (821kB) | Preview

Abstract

Sorgum termasuk tanaman serealia yang potensial untuk dikembangkan di Indonesia. Tanaman sorgum memiliki banyak manfaat yaitu kandungan nutrisinya yang tinggi, selain itu baik digunakan sebagai sumber bahan pangan maupun sebagai pakan. Pada tahun 2011 perkembangan luas tanaman sorgum cenderung memperlihatkan penurunan diberbagai wilayah di Indonesia. Berdasarkan alasan tersebut maka perlu dilakukan budidaya sorgum dengan baik dan benar dengan cara penggunaan benih varietas unggul dan penggunaan pupuk kandang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi antara jenis pupuk kandang dengan macam varietas sorgum, mengetahui varietas sorgum yang paling baik pertumbuhannya, dan mengetahui jenis pupuk kandang yang paling baik untuk pertumbuhan tanaman sorgum. Metode penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL) dengan dua faktor. Faktor pertama adalah macam varietas sorgum yaitu varietas (Numbu, Kawali, dan Pahat). Faktor kedua adalah macam pupuk kandang yaitu pupuk kandang (sapi, kambing dan ayam). Setiap perlakuan diulang sebanyak 3 kali. Parameter yang diamati tinggi tanaman, jumlah daun, diameter batang, bobot segar tanaman, bobot kering tanaman, dan tingkat kemanisan batang. Data hasil pengamatan dianalisis keragamannya dengan taraf 5% dan apabila terdapat beda nyata, diuji lanjut dengan menggunakan Uji Jarak Berganda Duncan (UJBD) pada jenjang 5%. Hasil penelitian menunjukkan terdapat interaksi antara kombinasi perlakuan macam varietas dan macam pupuk kandang terhadap pertumbuhan tanaman sorgum manis pada parameter bobot kering brangkasan. Varietas numbu memberikan hasil yang paling unggul di setiap parameter sedangkan penggunaan macam pupuk kandang pada setiap parameter tidak terdapat beda nyata. Kata kunci: Varietas, Sorgum Manis, Pupuk Kandang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 13 Aug 2018 04:35
Last Modified: 13 Aug 2018 04:35
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16123

Actions (login required)

View Item View Item