TEKNIK REKLAMASI LAHAN TAMBANG KALKARENIT BERDASARKAN KONDISI EKSISTING DI DUSUN PACING, DESA PACAREJO, KECAMATAN SEMANU, KABUPATEN GUNUNGKIDUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Yese, Emanuel Natalius (2018) TEKNIK REKLAMASI LAHAN TAMBANG KALKARENIT BERDASARKAN KONDISI EKSISTING DI DUSUN PACING, DESA PACAREJO, KECAMATAN SEMANU, KABUPATEN GUNUNGKIDUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRACK.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (181kB) | Preview

Abstract

Kegiatan pertambangan oleh rakyat yang tidak terkonsepkan dari aspek lingkungan menyebabkan perubahan bentuk lahan dan fungsinya. Kegiatan penambangan telah berjalan tigapuluh dua tahun dan berupa tambang tradisional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi eksisting akibat penambangan kalkarenit dan menentukan arahan reklamasi berdasarkan kondisi eksisting di lokasi penelitian. Metode penelitian menggunakan metode survei lapangan, pemetaan dan analisis data secara deskriptif dengan parameter yang digunakan yaitu pengambilan tanah pucuk untuk dikelola dengan melakukan pengukuran pada ketebalan tanah untuk mengetahui ketersediaan tanah pucuk di lokasi penelitian , jarak penambangan dengan permukiman dilakukan pengukuran dari titik terluar lubang galian dengan titik terdekat dari tepi permukiman, kondisi jalan dilakukan dengan melalukan cross check terhadap kondisi jalan yang dilalui dalam pengangkutan material tambang, dan tinggi dinding galian dilakukan pengukuran secara menyeluruh dari permukaan tanah sampai puncak tebing galian. Arahan reklamasi menyesuaikan dengan kondisi eksisting dari parameter-parameter tersebut, RTRW, dan kondisi rona lingkungan. Hasil penelitian dari survei lapangan, pemetaan dan analisi data secara deskriptif dengan parameter yang digunakan adalah belum adanya pengelolaan terhadap tanah pucuk. Pengukuran jarak antara titik terluar lubang dengan permukiman adalah 80 meter, tolok ukur baik. Kondisi jalan yang merupakan akses masuk ke dalam area penambangan memiliki kondisi yang berlubang dan bergelombang. Rata-rata tinggi dinding galian adalah 7,45 meter, maka dikategorikan rusak berat. Arahan reklamasi yang disarankan untuk lahan tambang kalkarenit di Dusun Pacing adalah kolam lele dengan bagian dasar dilapisi tanah liat atau terpal dan dikombinasikan dengan kebun jati di bagian terasering. Hal ini dikarenakan bentuklahan tambang berupa cekungan sedalam lebih dari 7 meter. Kebun jati dipilih sesuai dengan RTRW setempat dan cocok dengan kondisi tanah di daerah tambang. Kata Kunci : Reklamasi, Batugamping, Penambangan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 13 Aug 2018 04:14
Last Modified: 13 Aug 2018 04:14
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16121

Actions (login required)

View Item View Item