PERTUMBUHAN STEK KELENGKENG ( Nephelium Longan L.) PADA BEBERAPA KOMPOSISI MEDIA TANAM DAN KONSENTRASI ZAT PENGATUR TUMBUH

JAMILAH, JAMILAH (2018) PERTUMBUHAN STEK KELENGKENG ( Nephelium Longan L.) PADA BEBERAPA KOMPOSISI MEDIA TANAM DAN KONSENTRASI ZAT PENGATUR TUMBUH. Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (274kB) | Preview

Abstract

Buah kelengkeng merupakan salah satu buah konsumsi yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Budidaya kelengkeng di Indonesia sering mengalami kendala, salah satunya tidak tercukupinya kebutuhan bibit. Kebutuhan bibit dapat dicukupi dengan cara vegetatif salah satunya stek. Keberhasilan stek dipengaruhi oleh jenis media dan konsentrasi zat perangsang pertumbuhan yang digunakan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui interaksi antara komposisi media tanam dan konsentrasi ZPT terhadap pertumbuhan stek kelengkeng, mengetahui peranan ZPT terhadap pertumbuhan stek kelengkeng dan pengaruh macam media tanam terhadap pertumbuhan stek kelengkeng. Penelitian ini dilaksanakan di Wedomartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta pada bulan Juni sampai Juli 2018. Penelitian dilakukan dengan menggunakan Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL) faktorial dua faktor. Faktor pertama adalah komposisi media tanam dengan perbandingan tanah arang sekam (1:1), pasir:arang sekam (1:1), tanah:pasir:arang sekam (1:1) dan faktor dan faktor kedua adalah zat pengatur tumbuh dengan konsentrasi Z0 (tanpa zat pengatur tumbuh), Z1 (15 g / 10 mL), Z2 (20 g / 10 mL), Z3 (25 g / 10 mL). Terdapat 12 kombinasi perlakuan dan 3 ulangan, sehingga total perlakuan sebanyak 36 petak. Data hasil pengamatan dianalis keragamannya pada jenjang nyata 5%, untuk mengetahui perbedaan antar perlakuan dilakukan uji lanjut DMRT (Duncan Multiple Range Test) pada jenjang 5%. Hasil penelitian menunjukkan adanya interaksi antara konsentrasi ZPT dan komposisi media tanam terhadap parameter pengamatan saat tumbuh tunas. Konsentrasi ZPT berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan stek kelengkeng pada saat tumbuh tunas, jumlah daun, jumlah akar, panjang akar dan volume akar. ZPT konsentrasi 25 g/10 mL nyata berpengaruh paling baik terhadap stek kelengkeng. Komposisi media tanam berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan kelengkeng pada saat tumbuh tunas, jumlah tunas, jumlah akar dan volume akar. Media tanah:pasir:arang sekam (1:1:1) berpengaruh paling baik terhadap pertumbuhan stek kelengkeng. Kata kunci : kelengkeng, stek, zat pengatur tumbuh, media tanam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 10 Aug 2018 06:14
Last Modified: 10 Aug 2018 06:14
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16095

Actions (login required)

View Item View Item