EVALUASI KAPASITAS RIG YANG DIPERLUKAN PADA OPERASI PEMBORAN SUMUR ‘X’ LAPANGAN ‘Y’ PT.PERTAMINA EP REGION JAWA FIELD CEPU

TEKEGE, FRENGCHI Y. Y. (2018) EVALUASI KAPASITAS RIG YANG DIPERLUKAN PADA OPERASI PEMBORAN SUMUR ‘X’ LAPANGAN ‘Y’ PT.PERTAMINA EP REGION JAWA FIELD CEPU. Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
judul aja.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lbr pgshn pdf.pdf

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ringkasan.pdf

Download (398kB) | Preview

Abstract

Dalam suatu operasi pemboran selalu diinginkan laju penembusan (rate of penetration) yang optimum dan operasi berjalan lancar tanpa terjadi permasalahan sehingga dapat meminimalisir waktu operasi dan biaya yang dikeluarkan. Salah satu faktor yang mendukung keberhasilan suatu operasi pemboran adalah pemilihan rig yang digunakan. Apabila beban melebihi kapasitas rig maka akan terjadi masalah yang dapat menyebabkan waktu pemboran semakin lama akibatnya harga sewa rig semakin mahal. Berdasarkan latar belakang inilah penulis mengevaluasi kapasitas rig pemboran di Sumur “X” lapangan “Y” PT. PERTAMINA EP REGION JAWA FIELD CEPU. Rig yang digunakan pada operasi pemboran di sumur “X” lapangan “Y” adalah rig TMMJ Model Trailer Mounted buatan China. Dalam mengevaluasi kapasitas rig bor, ada beberapa aspek yang di tinjau. Secara umum aspek tersebut meliputi aspek Spesifikasi Rig, Kontriksi Sumur (Well Profil) dan Kedalaman (TVD). Dari aspek tersebut maka dapat dilakukan perhitungan terhadap 3 sistem utama yaitu Sistem Angkat, Sistem Putar dan Sitem Sirkulasi. Ketiga sistem ini merupakan perwujudan kapasitas suatu rig yang akan di pakai. Dari hasil perhitungan di sumur X Lapangan Y dengan kedalaman 7775,97 ft MD diperoleh beban angkat sebesar 365 HP, beban putar sebesar 906 HP dan beban sirkulasi sebesar 311 HP serta efisiensi rig sendiri sebesar 100 HP maka total beban rig TMMJ adalah sebesar 1682 HP. Jadi beban total rig dalam operasi pemboran di sumur “X” adalah 1682 HP dari total kedalaman 2370 mku / 7775,95 ft MD sedangkan kemampuan rig TMMJ itu sendiri sebesar 2000 HP. Maka penggunaan rig ini tidak over kapasitas dikarenakan beban rig yang digunakan sebesar 1682 HP lebih kecil dari kapasitas rig sebenarnya, yaitu sebesar 2000 HP yang ditandai dengan prosentase penggunaan rig sebesar 80% dari 100% oleh sebab itu rig ini baik dan aman untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 10 Aug 2018 04:26
Last Modified: 10 Aug 2018 04:26
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16052

Actions (login required)

View Item View Item