STUDI LABORATORIUM TENTANG PENGARUH INJEKSI SURFAKTAN H DAN B TERHADAP PEROLEHAN MINYAK DARI SUATU KANDUNGAN MINYAK PADA BATUAN KARBONAT

Sulistyarso, Harry Budiharjo and Mucharam, Leksono and Tenovina, Chyntia Bilqish (2017) STUDI LABORATORIUM TENTANG PENGARUH INJEKSI SURFAKTAN H DAN B TERHADAP PEROLEHAN MINYAK DARI SUATU KANDUNGAN MINYAK PADA BATUAN KARBONAT. FTM-UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
15_16043_Stdi Laboratoriutm Tentang....pdf

Download (604kB) | Preview

Abstract

Dewasa ini teknologi pengurasan reservoir lanjut atau yang lebih dikenal dengan nama EOR (Enhanched Oil Recovery) terus berkembang. Hal ini disebabkan karena sisa cadangan yang masih tertinggal di dalam reservoir sudah tidak dapat diproduksikan lagi dengan metoda pengangkatan biasa (primary recovery). Salah satu metode EOR yang dapat diterapkan adalah injeksi surfaktan. Pada penelitian ini akan diuji cobakan injeksi surfaktan dengan cara pendesakan imbibisi spontan terhadap perolehan minyak yang terkandung pada batuan karbonat. Surfaktan yang digunakan adalah surfaktan H dan Surfaktan B dengan konsentrasi yang berbeda-beda. Minyak yang digunakan sebagai bahan percobaan berasal dari lapangan L dan M, sedangkan core yang digunakan adalah core karbonat buatan. Kedua surfaktan H dan B dengan konsentrasi tertentu tersebut akan diuji cobakan pada minyak L dan M serta core karbonat buatan. Dari hasil percobaan ini akan dapat ditentukan jenis Surfaktan yang mana dan dengan konsentrasi berapa yang dapat memberikan perolehan minyak paling besar.

Item Type: Other
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: DR.,IR HARRY BUDIHARJO SULISTYARSO
Date Deposited: 09 Aug 2018 04:45
Last Modified: 27 Jun 2020 04:37
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16043

Actions (login required)

View Item View Item