ARAHAN REKLAMASI LAHAN TAMBANG BERDASARKAN KRITERIA BAKU KERUSAKAN LINGKUNGAN PADA PENAMBANGAN BATUGAMPING DI DUSUN TOBONG, DESA SAMBIREJO, KECAMATAN NGAWEN, KABUPATEN GUNUNGKIDUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Anggara, Imam Yudha (2018) ARAHAN REKLAMASI LAHAN TAMBANG BERDASARKAN KRITERIA BAKU KERUSAKAN LINGKUNGAN PADA PENAMBANGAN BATUGAMPING DI DUSUN TOBONG, DESA SAMBIREJO, KECAMATAN NGAWEN, KABUPATEN GUNUNGKIDUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (102kB) | Preview

Abstract

INTISARI Lokasi penelitian merupakan wilayah penambangan rakyat yang berada di Dusun Tobong, Desa Sambirejo, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Gunungkidul. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kerusakan lahan akibat penambangan batugamping yang diakibatkan oleh kegiatan penambangan. Survey dan pemetaan lapangan dilakukan untuk mendapatkan data tiap parameter kerusakan lingkungan yaitu 1. Batas tepi galian, 2. Relief dasar galian, 3. Kemiringan tebing galian, 4. Tinggi dinding galian, 4. Kondisi jalan, 7. Persentase tutupan vegetasi, parameter-parameter kerusakan lingkungan dianalisis berdasarkan Peraturan Gubernur DIY No. 63 Tahun 2003 sehingga didapatkan deskripsi kerusakan lingkungan tiap parameter. Parameter batas tepi galian masuk dalam kriteria rusak dikarenakan jarak antara batas kepemilikan dengan tambang kurang dari 3m, relief dasar galian rusak dikarenakan melebihi 1m dibawah ketinggian topografi terendahnya, kemiringan tebing galian masuk dalam kriteria rusak dikarenakan kemiringan tebing galian melebihi 50%, tinggi dinding galian rusak karena ketinggian melebihi 4m, kondisi jalan dikriteriakan rusak karena jalan berlobang melebihi 30%, tutupan vegetasi dikriteriakan rusak karena vegetasi tanaman yang menutupi kurang dari 37% luas lahan. Teknik reklamasi yang disarankan adalah membuat jenjang, dengan lebar teras 8 meter dan tinggi dinding 4 meter, metode penanaman menggunakan sistem pot, dan tanaman yang dipilih adalah tanaman jati serta jagung dan ketela pohon sebagai penggunaan lahan RTRW. kata kunci : lahan, penambangan, reklamasi, tingkat kerusakan lahan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Civil Engineering and the Environment
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 08 Aug 2018 05:06
Last Modified: 08 Aug 2018 05:06
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16006

Actions (login required)

View Item View Item