“Evaluasi Produk Ammonia Dengan Menggunakan Perhitungan Neraca Massa Dan Neraca Energi Pada Reaktor Ammonia Converter (R-0502)”

Surbakti, Sri Arianti (2018) “Evaluasi Produk Ammonia Dengan Menggunakan Perhitungan Neraca Massa Dan Neraca Energi Pada Reaktor Ammonia Converter (R-0502)”. Diploma thesis, Univesitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text
INTISARI.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (458kB) | Preview

Abstract

PT Kaltim Parna Industri adalah indsutri yang bergerak dibidang petrokimia yang menghasilkan produk ammonia cair anhydrat yang disimpan dalam tangki dengan tekanan atmosferik, sehingga untuk mempertahankan kondisinya tetap pada suhu didih (-33oc) dibutuhkan refrigerasi. Proses pembuatan ammonia melalui tahap-tahap yaitu unit sintesis dengan mengunakan alat desulfurizer,primary reformer,secondary reformer, CO shift converter, CO2 Removal, Methanator, Ammonia Converter, Refrigerator, dan ARU & HRU. Ammonia Converter merupakan alat yang berfungsi untuk mereaksikan hydrogen dan nitrogen menjadi ammonia, Dimana Alat ini bekerja pada kisaran temperature 375-418oC dan tekanan 138 kg/cm2g. Tujuan Tugas Khusus yang telah saya selesaikan yaitu untuk mengevaluasi produk ammonia berdasarkan perhitungan neraca massa dan neraca panas yang dihitung, Serta kemudian menghitung panas yang hilang dalam proses pada alat ammonia converter. Neraca massa dihitung dengan cara yaitu menjumlah komponen massa komponen yang masuk sama dengan komponen yang keluar, sedangkan neraca panas dihitung dengan cara mengunakan rumus hukum hess yakni ΔHtotal = ΔHin + ΔHreaksi + ΔHout Dari perhitungan yang telah saya selesaikan saya mendapatkan nilai konversi produk ammonia pada kondisi aktual lebih besar dibandingkan design, nilai konversi pada design sebesar 3% sedangkan pada kondisi aktual 4% hal ini disebabkan karena aktivitas katalis yang tidak bekerja secara maksimum disebabkan karena masih terdapat sedikit kandungan air yang terikut dari keluaran methanator. Kata Kunci : Ammonia, ammonia converter, Neraca Massa, Neraca Panas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Chemistry
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 06 Aug 2018 07:12
Last Modified: 06 Aug 2018 07:12
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15956

Actions (login required)

View Item View Item