PENENTUAN KOMBINASI FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KUAT TEKAN TEGEL MENGGUNAKAN METODE TAGUCHI (Studi kasus di UKM Sarasa Tegel, Bayaran, Tamantirto, Bantul, Yogyakarta)

Wijaya, Maulana Risakti Pandu (2018) PENENTUAN KOMBINASI FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KUAT TEKAN TEGEL MENGGUNAKAN METODE TAGUCHI (Studi kasus di UKM Sarasa Tegel, Bayaran, Tamantirto, Bantul, Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI_MAULANA RISAKTI_122130258.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN_MAULANA RISAKTI_122130258.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK_MAULANA RISAKTI_122130258.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI_MAULANA RISAKTI_122130258.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Kemajuan industri yang semakin meningkat pesat memacu perusahaan untuk terus meningkatkan kualitas produknya. Sarasa Tegel merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang produksi tegel. Selama proses produksi, perusahaan masih menemukan produk cacat yang menyebabkan produk tidak memenuhi keinginan konsumen. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menentukan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kuat tekan tegel dengan bahan tambah yaitu Silica fume. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode Taguchi dengan sampel yang diambil sebanyak 4 faktor dan 3 level. Metode ini merupakan usaha untuk meningkatkan kualitas suatu produk dengan optimalisasi desain produk untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan target dan memiliki variasi yang optimum. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan rata-rata, variabilitas tegel cenderung mengalami peningkatan yaitu dari rata-rata sebelumnya sebesar 80.03 kg/cm2 menjadi 177.07 kg/cm2 pada hasil eksperimen konfirmasi. Kombinasi faktorfaktor optimal yang didapat untuk satu kali produksi tegel adalah semen sebanyak 300 gram, pasir sebanyak 800 gram, pemberian silica fume sebanyak 200 gram dan direndam selama 42 jam untuk membentuk tegel yang optimal. Kata kunci: Taguchi, tegel, kuat tekan, Silica fume

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 06 Aug 2018 06:21
Last Modified: 06 Aug 2018 06:21
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15950

Actions (login required)

View Item View Item