SISTEM PAKAR TES KEPRIBADIAN DAN MODALITAS UNTUK MENGETAHUI CARA BELAJAR MAHASISWA MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR (Studi kasus : Teknik Informatika Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta)

Nour, Azty Acbarrifha (2018) SISTEM PAKAR TES KEPRIBADIAN DAN MODALITAS UNTUK MENGETAHUI CARA BELAJAR MAHASISWA MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR (Studi kasus : Teknik Informatika Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Sistem pakar digunakan sebagai alternatif yang dapat memberikan saran kepada pengguna untuk membantu dalam mengetahui jenis kepribadian dan modalitas belajar serta memberikan solusi untuk cara belajar yang sesuai ketika tidak ditemuinya seorang pakar. Sistem pakar juga menyediakan informasi terkait jenis kepribadian dan modalitas belajar sehingga pengguna dapat mengetahui informasi tersebut tanpa harus bertanya pada pakar terkait. Penelitian ini menggunakan metode Certainty Factor yang diterapkan pada sistem pakar tes kepribadian dan modalitas untuk mengetahui cara belajar mahasiswa. Metode certainty factor digunakan untuk menghitung nilai kepastian yang diberikan oleh pakar dan pengguna sehingga dapat ditarik suatu hasil berupa solusi. Solusi tersebut berupa cara belajar yang sesuai dengan jenis kepribadian dan modalitas belajar mahasiswa serta menunjukkan seberapa nilai kepastian dari jenis kepribadian dan modalitasnya. Hasil konsultasi dari sistem dengan sampel jenis kepribdaian dan modalitas belajar masing-masing sebanyak lima sampel memiliki tingkat akurasi sebesar 80% dengan hasil konsultasi yang dilakukan oleh pakar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sistem pakar telah dibangun dan dapat digunakan untuk konsultasi. Kata Kunci : Certainty Factor, Kepribadian, Modalitas, Mahasiswa, Sistem Pakar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 01 Aug 2018 07:39
Last Modified: 01 Aug 2018 07:39
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15917

Actions (login required)

View Item View Item