EVALUASI GEOMETRI JALAN ANGKUT TAMBANG NIKEL PADA JALAN FRONT STRADA DI PT. ANTAM, TBK. UBPN SULTRA, KABUPATEN KOLAKA, PROVINSI SULAWESI TENGGARA

SINAGA, KEVIN OLOAN PRATAMA (2018) EVALUASI GEOMETRI JALAN ANGKUT TAMBANG NIKEL PADA JALAN FRONT STRADA DI PT. ANTAM, TBK. UBPN SULTRA, KABUPATEN KOLAKA, PROVINSI SULAWESI TENGGARA. Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan Fix.pdf

Download (355kB) | Preview

Abstract

Penambangan bijih nikel di Kecamatan Pomalaa, Kabupaten Kolaka, Provinsi Sulawesi Tenggara merupakan salah satu kegiatan penambangan bijih nikel yang dimiliki PT. ANTAM. Penambangan dilakukan dengan metode tambang terbuka. Hasil dari penambangan dibawa ke pabrik pengolahan untuk diolah menjadi feronikel yang dijual dalam bentuk butiran (pellets). Terdapat beberapa front penambangan nikel di PT. ANTAM diantaranya Front Strada yang berada di Kecamatan Pomalaa, Kabupaten Kolaka, Provinsi Sulawesi Tenggara. Kegiatan penambangan dilakukan dengan sistem tambang terbuka dan metode yang digunakan open pit dan open cast dengan membuat jenjang-jenjang (multi bench). Alat-alat mekanis yang digunakan dalam kegiatan penambangan antara lain Bulldozer Komatsu D85ESS sebagai alat dorong, Dump Truck Hino 500 FM260TI sebagai alat angkut, Back Hoe Excavator Komatsu PC 200 sebagai alat gali dan alat muat. Permasalahan yang terjadi pada PT. ANTAM pada Front Strada adalah terdapat beberapa segmen jalan tambang pada Front Strada yang belum sesuai dengan standar geometri jalan angkut aman, serta permukaan jalan yang keriting sehingga mempengaruhi kecepatan dump truck pada proses hauling. Dengan kondisi jalan kurang baik, maka proses pengangkutan bahan galian nikel dari front menuju transito maupun pelabuhan kurang maksimal. Evaluasi geometri jalan angkut yang baik pada Front Strada PT. ANTAM diharapkan dapat membantu menangani permasalahan jalan tambang yang sudah ada, guna memberikan rekomendasi kepada perusahaan sehingga proses penambangan dapat berjalan lebih baik dan optimal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 31 Jul 2018 07:41
Last Modified: 31 Jul 2018 07:41
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15909

Actions (login required)

View Item View Item