PENGARUH LINGKUNGAN FISIK KERJA DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS MENGGUNAKAN PENDEKATAN SISTEM DINAMIS (Studi Kasus di PT. Aneka Adhilogam Karya, Batur, Ceper Klaten Jawa Tengah)

Zamroni, Achmad (2018) PENGARUH LINGKUNGAN FISIK KERJA DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS MENGGUNAKAN PENDEKATAN SISTEM DINAMIS (Studi Kasus di PT. Aneka Adhilogam Karya, Batur, Ceper Klaten Jawa Tengah). Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2.ABSTRAK.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.cover TA 2.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.scan lembar pengesahan.pdf

Download (720kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.DAFTAR ISI.pdf

Download (173kB) | Preview

Abstract

PT. Aneka Adhilogam Karya adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang pengecoran logam, dimana pada suatu operasi kerja banyak terjadi permasalahan yang mengakibatkan menurunnya jumlah produksi. Menurunnya jumlah produksi salah satunya diakibatkan dari kondisi lingkungan fisik yang tidak ergonomis. Setelah dilakukan pengukuran secara langsung diketahui bahwa tingkat kebisingan rata-rata sebesar 98,43 dB, suhu 30,93 °C serta tingkat pencahayaan sebesar 89,2 lux. Nilai tersebut diketahui melebihi nilai ambang batas yang telah ditentukan menteri kesehatan. Efek dari kondisi lingkungan fisik yang tidak ergonomis tersebut mengakibatkan permasalahan bagi pekerja dalam proses produksi, sehingga berdampak kejumlah produksi yang dihasilkan. Permasalahan faktor ergonomi yang ada di perusahaan maka perlu dilakukan perbaikan kondisi lingkungan fisik khususnya pada kebisingan, suhu dan pencahayaan. Perbaikan dilakukan dengan investasi ergonomi yang digunakan untuk membeli ear plug, exhaust, dan lampu. Dari hasil investasi ergonomi tersebut bisa digunakan membeli ear plug untuk mengurangi tingkat kebisingan, exhasust yang bisa menurunkan tingkat suhu dan lampu untuk menaikkan tingkat pencahayaan di ruangan produksi. Model atau skenario yang dirancang menggunakan pendekatan metode sistem dinamis. Sebelum dilakukan pendekatan sistem dinamis, dilakukan uji regresi linier berganda pada kebisingan, suhu, pencahayaan ke jumkah produk yang dihasilkan. Pendekatan metode sistem dinamis digunakan untuk menentukan faktor-faktor apa saja yang berpengaruh ke jumlah produksi. Setelah menentukan faktor-faktor yang berpengaruh ke jumlah produk diantaranya kebisingan, suhu dan pencahayaan kemudian membuat causal loop diagram yang digunakan sebagai dasar untuk pembuatan model skenario dengan menggunakan softwere powersim. Hasil dari pembuatan model diketahui bahwa ada pengaruh kondisi lingkungan fisik ke tingkat produktivitas. Model ini dapat digunakan sebagai acuan untuk memprediksi kondisi lingkungan fisik apabila dilakukan perbaikan dengan menggunakan investasi ergonomi. Perbaikan dilakukan dengan cara pembuatan skenario 1 dan skenario 2, dimana skenario 2 menunjukkan bahwa jumlah produk yang dihasilkan mengalami peningkatan jumlah produksi jika dibandingkan skenario 1 sebelum perbaikan. Skenario 2 bisa mengalami peningkatan karena dilakukan investasi ergonomi untuk membeli kebutuhan yang diperlukan dalam perbaikan kondisi lingkungan fisik. Kata kunci : Logam, Kebisingan, Suhu, Cahaya, Produktivitas, Powersim, Sistem Dinamis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 24 Jul 2018 02:36
Last Modified: 24 Jul 2018 02:36
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15802

Actions (login required)

View Item View Item