USULAN PENJADWALAN PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE THEORY OF CONSTRAINT PADA PROSES PEMBUATAN WAJAN (Studi kasus di IKM WL Aluminium Umbulharjo, Yogyakarta)

Umam, Choirul (2018) USULAN PENJADWALAN PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE THEORY OF CONSTRAINT PADA PROSES PEMBUATAN WAJAN (Studi kasus di IKM WL Aluminium Umbulharjo, Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Other
COVER.PDF

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Other
ABSTRAK.PDF

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (186kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK IKM WL Aluminium merupakan perusahaan Industri Kecil Menengah yang terletak di daerah Sorosutan, Umbulharjo, Yogyakarta. Perusahaan ini bergerak dalam bidang pengolahan Aluminium menjadi peralatan dapur seperti wajan, panci, soblok, kitel, dan citel. IKM WL Aluminium memiliki karakteristik make to stock dalam proses produksinya. Permasalahan yang dihadapi adalah tingkat work in process (WIP) yang cukup tinggi disebabkan karena waktu proses di beberapa stasiun kerja memiliki waktu yang cukup lama dan kapasitas mesin yang terbatas. Kondisi inilah yang akhirnya terkadang mengakibatkan penumpukan barang sehingga hal ini menghambat aliran produksi selanjutnya dan mengganggu kenyamanan pekerja. Pendekatan yang dilakukan untuk menangani konstrain yang dapat menghambat aliran produksi dan mengurangi bottleneck adalah dengan menggunakan pendekatan metode Drum-Buffer-Rope (DBR) pada konsep Theory Of Constraint (TOC). Metode tesebut cocok digunakan pada perusahaan ini mengingat bahwa permasalahan yang dihadapi adalah stasiun kerja yang mengalami bottleneck. Setelah dilakukan identifikasi, ditemukan bahwa yang menjadi stasiun konstrain adalah stasiun kerja pembubutan dengan total waktu proses rata-rata pada keseluruhan tipe wajan super sebesar 128 detik dan total waktu proses rata-rata pada keseluruhan tipe wajan tipis sebesar 91 detik. Disisi lain penyebab dari adanya penumpukan yang terjadi dikarenakan jumlah produk yang terdapat pada gudang melebihi kapasitas, sehingga berpengaruh ke seluruh aliran produksi . Maka diusulkan dengan mengurutkan produk mana yang menjadi prioritas utama untuk dikerjakan terlebih dahulu agar barang yang diproduksi dapat sesuai dengan persediaan gudang dan proses produksi dapat berjalan secara maksimal sesuai dengan kapasitas produksi perusahaan. Kata kunci: penjadwalan produksi, theory of constraint, throughput

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 24 Jul 2018 01:45
Last Modified: 24 Jul 2018 01:45
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15795

Actions (login required)

View Item View Item