STUDI AWAL PENENTUAN SISTEM PEMBERIAN DIORIT DI DESA GUNUNG GAJAH, KECAMATAN BAYAT, KABUPATEN KLATEN, PROVINSI JAWA TENGAH

WIBOWO, IVAN KURNIANTO (2018) STUDI AWAL PENENTUAN SISTEM PEMBERIAN DIORIT DI DESA GUNUNG GAJAH, KECAMATAN BAYAT, KABUPATEN KLATEN, PROVINSI JAWA TENGAH. Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Ringkasan.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Abstract.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Daftar Isi.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Kegiatan pemberaian batuan merupakan salah satu kegiatan penting dalam suatu operasi penambangan maupun pekerjaan sipil. Pada prinsipnya, mekanisme pemberaian batuan dapat dibagi menjadi dua tipe yaitu pemberaian batuan dengan metode mekanis (penggalian bebas dan penggaruan) dan pemberaian batuan dengan metode pengeboran dan peledakan. Studi awal penentuan sistem pemberaian diorit di Desa Gunung Gajah, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah dilakukan untuk menentukan metode pemberaian serta rekomendasi alat yang tepat untuk massa batuan di daerah tersebut. Data yang dibutuhkan untuk menentukan klasifikasi pemberaian batuan antara lain kecepatan rambat gelombang seismik, spasi bidang diskontinu, tingkat pelapukan batuan, orientasi bidang diskontinu, kondisi bidang diskontinu, dan Rock Quality Designation (RQD) yang diperoleh dari hasil pengukuran dan pengamatan di lapangan. Data yang diperlukan dari hasil pengujian di laboratorium yaitu sifat fisik batuan meliputi massa jenis, berat jenis, kadar air, porositas, dan angka pori serta sifat mekanik batuan meliputi kecepatan rambat gelombang ultrasonik, kuat tekan uniaksial, kuat tarik, point load index,drilling rate index dan abrasivitas batuan. Hasil pengukuran dan pengamatan di lapangan didapatkan RQD dengan metode scanline sebesar 94,25 %, spasi bidang diskontinu sebesar 0,26 m, kecepatan rambat gelombang seismik di lapangan untuk lapisan overburden dengan kedalaman 0 - 7 m sebesar 1947,5 m/s, dan kecepatan rambat gelombang seismik untuk lapisan diorit sebesar 4546 m/s. Hasil pengujian di laboratorium didapatkan nilai rata-rata kecepatan rambat gelombang ultrasonik sebesar 5846,2 m/s, nilai rata-rata kuat tekan uniaksial sebesar 61,42 MPa, nilai rata-rata kuat tarik sebesar 9,88 MPa, nilai rata-rata point load index sebesar 2,58 MPa, nilai drilling rate index sebesar 20,05, dan nilai abrasivitas batuan sebesar 15,6 %. Pemberaian lapisan overburden dengan kedalaman 0 - 7 m dapat dilakukan dengan metode penggaruan sedangkan pemberaian lapisan diorit dapat dilakukan dengan metode pemboran dan peledakan. Penggaruan overburden dapat dilakukan dengan menggunakan Bulldozer CAT D8R Single Shank Ripper.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 23 Jul 2018 07:46
Last Modified: 23 Jul 2018 07:46
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15788

Actions (login required)

View Item View Item