PERSEPSI PICTORAL WARNING DALAM KEMASAN ROKOK (Analisis Deskriptif Kualitatif Persepsi Perokok Pada Pictorial Warning Dalam Kemasan Rokok)

Praditya, Indy (2018) PERSEPSI PICTORAL WARNING DALAM KEMASAN ROKOK (Analisis Deskriptif Kualitatif Persepsi Perokok Pada Pictorial Warning Dalam Kemasan Rokok). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1 COVER .pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 PERSETUJUAN PENGESAHAN.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 Abstrak-Abstract.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 Daftar Isi.pdf

Download (162kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Merokok merupakan sebuah budaya dalam masyarakat di Indonesia. Saat ini pun merokok sudah menjadi salah satu bentuk gaya hidup modern masyarakat, terutama pada para remaja. Sebagian besar perokok aktif mempunyai peluang lebih besar terkena penyakit kronis dan meninggal dunia karena mengkonsumsi rokok yang berlebihan. Untuk menekan jumlah perokok yang kian bertumbuh, melalui Peraturan Pemerintah nomor 109 tahun 2012 pemerintah menggunakan lima gambar berbeda sebagai Pictorial Warning dalam kemasan rokok. Tujuan penelitian ini akan melihat persepsi perokok aktif dalam 3 kategori menurut klasifikasi perokok Sitepoe yaitu perokok ringan, perokok sedang dan perokok berat terhadap kesan yang diperoleh oleh responden melalui panca indera yaitu penglihatan terhadap kemasan rokok dengan peringatan dan Pictorial Warning dengan menggunakan konsep Komunikasi Intrapersonal. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan mengunakan wawancara sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perokok menghasilkan persepsi positif yang dapat memberikan informasi tentang bahaya merokok dan persepsi negatif yang menganggap Pictorial Warning hanya sebagai suatu hal yang mengganggu pikiran perokok disaat hendak merokok. Perokok ringan berpersepsi bahwa Pictorial Warning merupakan edukasi bahaya merokok namun mengganggu pikiran. Persepsi perokok sedang yaitu munculnya rasa takut tentang bahaya merokok namun hal itu terjadi hanya sesaat. Perokok berat memiliki persepsi bahwa Pictorial Warning merupakan sebuah hal yang mengganggu pandangan dan tidak akan berpengaruh pada jumlah konsumsi rokok perokok berat. Proses terjadinya persepsi dipengaruhi oleh faktor perhatian, faktor fungsional dan faktor struktural. Perokok yang memperhatikan Pictorial Warning dengan seksama mempunyai keinginan dan niat untuk berhenti merokok. Kata kunci: Persepsi, Pictorial Warning, perokok aktif, komunikasi intrapersonal

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 20 Jul 2018 07:22
Last Modified: 20 Jul 2018 07:22
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15777

Actions (login required)

View Item View Item