ANALISIS EFISIENSI BANK KONVENSIONAL DAN BANK SYARIAH DENGAN METODE DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (DEA) DI INDONESIA (PERIODE 2012-2016)

Wijaya, I Gede Ananta (2018) ANALISIS EFISIENSI BANK KONVENSIONAL DAN BANK SYARIAH DENGAN METODE DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (DEA) DI INDONESIA (PERIODE 2012-2016). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HAL PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
. ABSTRAK.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (176kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengukur efisiensi dan menganalisa perbandingan efisiensi antara bank konvensional dengan bank syariah selama periode 2012-2016. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang dikumpulkan dari laporan keuangan yang diterbitkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Teknik Pengambilan sampel yang digunakan penelitian ini adalah purposive sampling dengan mengambil sampel 10 bank konvensional dan 10 bank syariah. Pengukuran efisiensi dalam penelitian ini mengunakan metode Data Envelopment Analysis (DEA) dengan pendekatan intermediasi. Variabel input yang digunakan dalam penelitian ini adalah simpanan, aset, dan biaya tenaga kerja, sedangkan outputnya adalah kredit atau pembiyaan dan pendapatan. untuk mengetahui perbedaan efisiensi antara bank konvensional dan bank syariah, penelitian ini menggunakan uji beda paramtrik Independent Sampel T-Test. Hasil analisis menggunakan metode DEA menunjukan bahwa selama periode 2012-2016, efisiensi bank konvensinal dan bank syariah rata-rata mengalami fluktuasi. Pada pengujian hipotesis uji beda independent sample t-test menunjukan bahwa tidak terdapat perbedaan nilai efisiensi antara bank konvensional dan bank syariah selama periode 2012-2016. Kata Kunci : Efisiensi, Data Envelopment Analysis, Pendekatan Intermediasi, Simpanan, Aset, Biaya Tenaga Kerja, Pembiyaan, Pendapatan, Bank Konvensional, Bank Syariah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 18 Jul 2018 07:45
Last Modified: 18 Jul 2018 07:45
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15744

Actions (login required)

View Item View Item