PENERAPAN CASE BASED REASONING DENGAN ALGORITMA NEAREST NEIGHBOR PADA ALAT TES PSIKOLOGI DISC (DOMINANCE, INFLUENCE, STEADINESS, AND COMPLIANCE)

LUTFIKA, ROSDIANA (2018) PENERAPAN CASE BASED REASONING DENGAN ALGORITMA NEAREST NEIGHBOR PADA ALAT TES PSIKOLOGI DISC (DOMINANCE, INFLUENCE, STEADINESS, AND COMPLIANCE). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3 COVER.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 DAFTAR ISI.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 Halaman Pengesahan 1.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 Halaman Pengesahan 2.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 ABSTRAK.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Alat tes DISC membagi tipe kepribadian kedalam 4 tipe yakni Dominance, Influence, Steadiness, dan Compliance. Dalam tes ini akan tersedia 24 pernyataan didalam satu jenis pernyataan terdapat 4 pilihan. Dari 4 pilihan tersebut akan dipilih 2 pernyataan dimana satu paling menggambarkan karakter diri pelaku (most) dan satu paling tidak menggambarkan karakter diri pelaku (least). Selanjutnya dilakukan proses perhitungan nilai change untuk menentukan karakter diri pelaku tersebut. Penilitian ini menggunakan metode case based reasoning untuk pemodelan sistemnya. Pada aplikasi yang dibangun diberikan kamus (case) untuk menentukan hasil kepribadian seseorang dengan bobot yang telah ditentukan oleh admin. Kemudian bobot tersebut dibandingkan dengan nilai change yang telah diperoleh dari perhitungan alat tes. Ketika bobot dan change bernilai sama maka hasil dari tes mengacu pada bobot yang sama tersebut, proses ini dikenal sebagai retrieve. Namun jika tidak ditemukan kesamaan pada case maka sistem akan melakukan perhitungan similarity menggunakan algoritma nearest neighbor. Bobot case dan nilai change dihitung hingga menemukan similarity >= 1. Selanjutnya admin akan memilih salah satu analisa tersebut untuk dijadikan hasil, proses ini disebut dengan proses reuse. Dari proses reuse tersebut terjadi proses penyimpanan bobot change yang akan digunakan untuk menyelesaikan kasus yang akan datang, proses ini disebut retain. Jika tidak ditemukan nilai similarity >= 1 maka admin harus memasukkan hasil baru secara manual dengan membawa nilai change tersebut, proses ini disebut revise. Penelitian menghasilkan aplikasi yang mampu memberikan hasil dengan mengikuti permodelan case based reasoning. Namun, agar aplikasi lebih kaya kamus maka data training harus diperbanyak. Hal ini akan membuat aplikasi lebih cepat dalam memberikan hasil karena telah belajar dari kasus sebelumnya. Kata Kunci : case based reasoning, nearest neighbor, alat tes psikologi DISC.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Sarimin Sarimin
Date Deposited: 16 Jul 2018 02:46
Last Modified: 16 Jul 2018 02:46
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15695

Actions (login required)

View Item View Item