METODE GEOLISTRIK SOUNDING UNTUK EKSPLORASI AIR TANAH SEBAGAI SOLUSI IRIGASI SAWAH TADAH HUJAN DI KABUPATEN KUNINGAN PROVINSI JAWA BARAT

Kristiyanto, Yuniawan (2018) METODE GEOLISTRIK SOUNDING UNTUK EKSPLORASI AIR TANAH SEBAGAI SOLUSI IRIGASI SAWAH TADAH HUJAN DI KABUPATEN KUNINGAN PROVINSI JAWA BARAT. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (114kB) | Preview

Abstract

Air merupakan sumber daya alam yang diperlukan oleh semua makhluk hidup. Di kabupaten Kuningan terdapat lahan pertanian yang terdiri dari sawah tadah hujan dan ladang palawija. Sawah tadah hujan tersebut hanya dapat digarap satu kali setahun, dan hasil yang diperoleh pun sangat tergantung pada musim. Bila kemarau terlalu panjang, maka hasil panen akan sangat rendah bahkan kadang-kadang tidak menghasilkan sama sekali. Pencarian daerah yang memiliki potensi air tanah salah satunya dengan menggunakan metode geolistrik. Konfigurasi yang digunakan adalah konfigurasi Schlumberger dengan jumlah titik pengukuran berjumlah 16 titik, panjang lintasan 520 meter hasil yang didapat dibuat korelasi antar titik untuk mengetahui kemenerusan akuifer air tanah pada daerah penelitian dengan pendekatan ilmu geofisika. Pengolahan data dilakukan dengan software IP2Win yang hasilnya dibuat penampang korelasi dengan menggunakan software CorelDraw. Hasil pengolahan data, interpretasi dan korelasi metode geolistrik menunjukkan kemenerusan lapisan batuan yang diinterpretasikan sebagai akuifer air tanah. Nilai akuifer yang paling tebal berada pada titik 15 dengan tebal 59 meter, Nilai akuifer yang paling tipis berada pada titik 11 dan 14 dengan tebal 10 meter. Berdasarkan hasil model korelasi yang telah dibuat bahwa arah persebaran akuifer air tanah daerah penelitian mengarah dari barat ke arah timur. Kata Kunci : geolistrik, resistivitas, akuifer, airtanah, Schlumberger.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 12 Jul 2018 06:32
Last Modified: 12 Jul 2018 06:32
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15674

Actions (login required)

View Item View Item