EVALUASI MANAJEMEN ROM STOCKPILE PADA ROM STOCKPILE 2 WARAPT. ADARO INDONESIA KABUPATEN TABALONG PROVINSI KALIMANTAN SELATAN

RIANTI, FIONITA (2018) EVALUASI MANAJEMEN ROM STOCKPILE PADA ROM STOCKPILE 2 WARAPT. ADARO INDONESIA KABUPATEN TABALONG PROVINSI KALIMANTAN SELATAN. Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. COVER.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (468kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (53kB) | Preview

Abstract

PT. Adaro Indonesia merupakan salah satu perusahaan tambang batubara di Indonesia. PT. Adaro Indonesia memiliki 3 Kontraktor utama, yaitu PT. BUMA yang mengelola Pit Paringin, PT. Pama Persada Nusantara yang mengelola pit Tutupan, PT. Sapta Indra Sejati yang mengelola pit Wara. Pada Kegiatan penambangannya, hasil pembongkaran batubara diangkut ke area penimbunan (ROM stockpile) untuk penyimpanan sementara sebelum diangkut ke pelabuhan. Salah satu item manajemen ROM stockpile adalah proses penimbunan dan pembongkaran berjalan sesuai prinsip FIFO (First In First Out). Penelitian dilakukan di ROM stockpile 2 Wara untuk mengevaluasi sistem FIFO pada proses penimbunan dan pembongkarannya. Penentuan sistem FIFO berdasarkan jumlah batubara masuk dan keluar ROM stockpile terhadap kapasitas tampungan ROM stockpile dan metode penimbunan serta pembongkaran batubara di ROM stockpile tersebut. Berdasarkan Hasil pengamatan pada bulan September 2017 jumlah batubara yang di timbun adalah 286.499 ton ditambah dengan sisa persediaan Agustus 2017 sebesar 89.630 ton dan jumlah batubara yang keluar adalah 298.485 ton.. Data tersebut menunjukan bahwa jumlah batubara yang masuk lebih besar dari pada yang keluar ROM stockpile, sehingga ada kalanya ROM stockpile 2 Wara mengalami kelebihan kapasitas. Begitu pula pada bulan Oktober. Hal ini menyebabkan timbunan menjadi double bench sehingga pola penimbunan dan pembongkaran menjadi sulit untuk menerapkan sistem FIFO.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 12 Jul 2018 04:04
Last Modified: 12 Jul 2018 04:19
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15667

Actions (login required)

View Item View Item