IDENTIFIKASI ZONA BATUAN PEMBAWA THORIUM MENGGUNAKAN METODE GEOMAGNETIK DAN RADIOMETRI PADA DAERAH MAMUJU “ SULAWESI BARAT”

Sinaga, Warenli Smith (2018) IDENTIFIKASI ZONA BATUAN PEMBAWA THORIUM MENGGUNAKAN METODE GEOMAGNETIK DAN RADIOMETRI PADA DAERAH MAMUJU “ SULAWESI BARAT”. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (529kB) | Preview

Abstract

Potensi sumber daya energi baru terbarukan yaitu mineral radioaktif thorium berada di Desa Ahu-Pasabu, Kecamatan Tapalang, Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui zona persebaran batuan pembawa thorium berdasarkan distribusi nilai radioaktivitas, intensitas magnetik anomali dan suseptibilitas pada batuan. Penelitian ini menggunakan metode Geomagnetik dengan luas daerah 4 x 3 km, titik pengukuran berjumlah 272 titik, dan jarak antar lintasan pengukuran adalah 50 m. Metode Geomagnetik adalah salah satu metode geofisika yang didasarkan pada pengukuran variasi intensitas medan magnetik. Keberadaan mineral radioaktif thorium di daerah penelitian menunjukkan adanya anomali radioaktivitas dengan kadar thorium yang cukup tinggi. Survey geomagnet diterapkan untuk tujuan mencari daerah prospek, dalam hal ini berupa zona persebaran batuan pembawa thorium. Hasil pemetaan radiometri dengan peta nilai laju dosis >1200 nSv/h dan kadar thorium >400 ppm, yang tersebar pada bagian tengah, berupa spot-spot pada daerah penelitian. Persebaran batuan pembawa thorium berdasarkan tingkat intensitas magnetik anomali, dengan nilai intensitas terendah 58,2 nT dan tertinggi dengan nilai intensitas 177,4 nT. Batuan yang diduga pembawa dari mineral radioaktif adalah batuan beku ponolit yang mendominasi daerah penelitian, namun tidak semua pada batuan ponolit selalu berasosiasi dengan mineral radioaktif, hal ini dapat disebabkan oleh proses hydrothermal yang terjadi pada daerah penelitian. Kata kunci : Metode Geomagnetik, Radioaktivitas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 11 Jul 2018 07:35
Last Modified: 11 Jul 2018 07:35
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15650

Actions (login required)

View Item View Item