PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN KINERJA PERUSAHAAN TERHADAP RETURN SAHAM (Studi Pada Industri Manufaktur Yang Terdaftar Di LQ45 Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2016)

Ningsih, Sri Wahyu (2018) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN KINERJA PERUSAHAAN TERHADAP RETURN SAHAM (Studi Pada Industri Manufaktur Yang Terdaftar Di LQ45 Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2016). Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2. abstrak.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. cover.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. pengesahan.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Daftar Isi.pdf

Download (105kB) | Preview

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari beberapa variabel ukuran perusahaan, profitabilitas, dan solvabilitas terhadap return saham pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di LQ45 Bursa Efek Indonesia periode 2012-2016.Sampel dalam penelitian sebanyak 10 perusahaan yang mempunyai data keuangan untuk menghitung ukuran perusahaan dan kinerja perusahaan serta return saham pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016. Kriteria pengambilan sampel dengan purposive sampling. Tipe penelitian ini menggunakan tipe penelitian eksplanatif dengan teknis analisis jalur path, kemudian uji t digunakan untuk mengetahui hasil hipotesis secara parsial, serta menggunakan pengujian sobel untuk mengetahui pengaruh tidak langsung variabel bebas, terhadap variabel terikat, melalui variabel antara. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial dengan uji t sebagai berikut : H1:Ukuran Perusahaan berpengaruh tidak signifikan terhadap Profitabilitas, H2: ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap Solvabilitas, H3: Profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap Return Saham, H4: Solvabilitas berpengaruh signifikan terhadap Return Saham, H5: Ukuran Perusahaan berpengaruh signifikan terhadap Return Saham. Hasil uji mediasi dengan sobel test menunjukkan hasil bahwa H6: Ukuran Perusahaan berpengaruh tidak signifikan terhadap return saham melalui Profitabilitas (ROE) dan H7: Ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap return saham melalui Solvabilitas pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di LQ45 Bursa Efek Indonesia periode 2012-2016. Kata kunci: Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Solvabilitas, dan Return Saham

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 11 Jul 2018 03:56
Last Modified: 12 Jul 2018 04:28
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15645

Actions (login required)

View Item View Item