GEOLOGI DAN ELEMEN ARSITEKTURAL FORMASI LEMAT DAERAH BUKIT RINTING DAN SEKITARNYA, KECAMATAN TEBO TENGAH, KABUPATEN TEBO, PROVINSI JAMBI

Akbar, Iqball Auliya (2018) GEOLOGI DAN ELEMEN ARSITEKTURAL FORMASI LEMAT DAERAH BUKIT RINTING DAN SEKITARNYA, KECAMATAN TEBO TENGAH, KABUPATEN TEBO, PROVINSI JAMBI. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (381kB) | Preview

Abstract

Secara geografis daerah penelitian terletak pada koordinat (UTM-WGS84 zona 48 S) 232600-237600mT dan 9860700-9856550mU. Sedangkan secara administratif daerah penelitian masuk ke dalam wilayah Desa Bukit Rinting, Kecamatan Tebo Tengah, Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi. Berdasarkan analisis aspek-aspek geomorfologi pada daerah penelitian dibagi menjadi empat satuan bentuk lahan, antara lain satuan bentuk lahan perbukitan homoklin berlereng curam (S1), perbukitan homoklin berlereng miring (S2), dataran homoklin bergelombang (S3), bukit struktural (S4), dan rawa (F1). Stratigrafi daerah penelitian dapat dibagi menjadi empat satuan batuan, antara lain Satuan batusabak Gangsal, Satuan batupasir Lemat, Satuan batulempung Lemat, dan Satuan batulempung-karbonatan Talangakar. Struktur yang berkembang pada daerah penelitian berupa kekar dengan tegasan timurlaut-baratdaya. Terdapat dua pola sesar yaitu sesar mendatar berarah utara-selatan dan sesar turun berarah barat laut-tenggara. Potensi pada daerah telitian antara lain potensi positif berupa batulempung hitam pada Satuan batulempung Lemat bisa menjadi souce rock di dalam petroleum system dan potensi negatif berupa gerakan massa. Analisis litofasies dilakukan pada masing-masing satuan batuan di Formasi Lemat. Pada Satuan batupasir Lemat terdapat elemen arsitektural berupa elemen channel (CH), elemen sandy bedform (SB), dan elemen lateral accretion (LA). Pada Satuan batulempung Lemat terdapat elemen arsitekrural berupa elemen floodplain fines (FF), element Satuan batupasir Lemat diendapkan pada lingkungan tubuh sungai dan Satuan batulempung Lemat diendapkan pada lingkungan overbank. Lingkungan pengendapan Satuan batupasir Lemat diinterpretasikan pada braided river, low-sinousity river dan Satuan batulempung Lemat diinterpretasikan pada lingkungan overbank. Kata Kunci : Formasi Lemat, Elemen Arsitektural.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QE Geology
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 11 Jul 2018 03:42
Last Modified: 11 Jul 2018 03:42
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15642

Actions (login required)

View Item View Item