OPTIMASI VOLUME GAS TERPRODUKSI DI HP SEPARATOR (D-0101) PERTAMINA EP ASSET 4 FIELD CEPU JALAN GAJAH MADA PO BOX 1 CEPU, JAWA TENGAH

Purnomo, Yuswari Aji (2018) OPTIMASI VOLUME GAS TERPRODUKSI DI HP SEPARATOR (D-0101) PERTAMINA EP ASSET 4 FIELD CEPU JALAN GAJAH MADA PO BOX 1 CEPU, JAWA TENGAH. Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK HP Separator (D-0101) merupakan alat pertama dari PT PERTAMINA EP asset 4 field cepu yang langsung bersentuhan dengan bahan baku sehingga HP Separator ini sangat berpengaruh kepada proses-proses selanjutnya pada pengolahan bahan baku di tempat ini. Tujuan utama penggunaan separator ini adalah untuk memisahkan 2 bahan atau lebih agar mendapatkan komponen yang lebih murni sehingga memudahkan saat dilakukan proses pada tahapan berikutnya. Data yang di peroleh dari lapangan bahwa dalam sehari Separator D-0101 hanya dapat menghasilkan gas sebanyak 36,26 MMSCFD ( Million Standard Cubic Feet per Day ) padahal manual book menunjukan angka 70,5 MMSCFD gas yang dapat dihasilkan dalam seharinya. Sehingga dengan demikian perlu adanya suatu tindakan yang mana untuk mengoptimalkan hasil keluaran gas tersebut dengan mengubah variabel tekanan di separator dengan cara mentrial tekanannya. Dari proses perhitungan didapatkan suatu hasil gas keluaran yang lebih optimum dari volume gas keluaran sebelumnya yaitu saat sebelum optimasi dengan tekanan 439,74 psia didapatkan volume produksi gas sebesar 36,26 MMSCFD ( Million Standard Cubic Feet per Day) lalu setelah dilakukan optimasi sebanyak 3 kali trial maka dengan tekanan 596,85 psia didapatkan volume gas sebesar 42 MMSCFD.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Chemistry
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 11 Jul 2018 02:12
Last Modified: 11 Jul 2018 02:12
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15627

Actions (login required)

View Item View Item