TEKNIK REKLAMASI DAN REVEGETASI LAHAN PASCA TAMBANG BATUAN KALKARENIT BERDASARKAN KERUSAKAN LINGKUNGAN DI DUSUN PACING, DESA PACAREJO, KEC. SEMANU, KAB. GUNUNGKIDUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Wibowo, Agung Tri (2018) TEKNIK REKLAMASI DAN REVEGETASI LAHAN PASCA TAMBANG BATUAN KALKARENIT BERDASARKAN KERUSAKAN LINGKUNGAN DI DUSUN PACING, DESA PACAREJO, KEC. SEMANU, KAB. GUNUNGKIDUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak Agung Tri W-114110048.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover S1 Agung Tri W-114110048.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi S1 Agung Tri W-114110048.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Pengesahan S1 Agung Tri W-114110048.pdf

Download (221kB) | Preview

Abstract

Kegiatan penambangan batu kalkarenit di Dusun Pacing, Desa Pacarejo Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul, D.I Yogyakarta, mengubah fungsi lahan dan bentang alam. Sehingga tanpa adanya pengawasan yang baik, maka akan berakibat buruk bagi kelestarian lingkungan hidup serta kehidupan masyarakat di sekitar kegiatan penambangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kerusakan lingkungan yang diakibatkan penambangan kalkarenit dan mengupayakan arahan pengelolaan lahan pascatambang sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku. Metode penelitian menggunakan metode survei lapangan, wawancara dan pemetaan. Untuk metode pengambilan sampel, menggunakan metode quota sampling. Teknik analisis dilakukan berdasarkan parameter kerusakan lingkungan fisik yang diukur dan diamati yaitu dengan metode pengharkatan. Parameter yang diukur yaitu relief dasar galian, kemiringan tebing galian, dan tinggi dinding galian. Parameter yang diamati yaitu pemanfaatan tanah pucuk, batas tepi galian, dan kondisi jalan berlubang. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya tingkat kerusakan lahan dalam kategori tingkat kerusakan berat. Berdasarkan hasil penelitian ini perlu dilakukan upaya pengelolaan penatagunaan lahan sesuai dengan Rencana Tata Ruang dan Wilayah Kabupaten Gunungkidul terutama di Dusun Pacing yaitu sebagai kebun campuran dengan cara penimbunan lahan yang telah selesai ditambang, kemudian dilakukan revegetasi di area tambang. Kata Kunci: Kerusakan Lingkungan, Penambangan Kalkarenit, Revegetasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 05 Jul 2018 05:08
Last Modified: 12 Jul 2018 04:38
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15578

Actions (login required)

View Item View Item