PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS MODAL SOSIAL (STUDI KASUS : PENGEMBANGAN KAKAO DI TANEN, HARGOBINANGUN, PAKEM, SLEMAN, YOGYAKARTA)

Dewi, Singgah Sima (2018) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS MODAL SOSIAL (STUDI KASUS : PENGEMBANGAN KAKAO DI TANEN, HARGOBINANGUN, PAKEM, SLEMAN, YOGYAKARTA). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Singgah Sima Dewi_135140115_Cover_Teguh Kismantoroadji.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Singgah Sima Dewi_135140115_Pengesahan_Teguh Kismantoroadji.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Singgah Sima Dewi_135140115_Abstrak_Teguh Kismantoroadji.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Singgah Sima Dewi_135140115_Daftar Isi_Teguh Kismantoroadji.pdf

Download (17kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengkaji pengembangan kakao di Dusun Tanen, (2) Mengkaji pemberdayaan Kelompok Tani Coklat Tanen (KTC), dan (3) Mengkaji elemen modal sosial pada pemberdayaan Kelompok Tani Coklat Tanen (KTC). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode pelaksanaan studi kasus, dan pengambilan informan secara purposive dan snowball. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumen. Keabsahan data menggunakan triangulasi. Kesimpulannya bahwa (1) Pengembangan kakao cenderung stagnan, tanaman terserang penyakit, dan produktivitas menurun, (2) Pemberdayaan berdampak pada peningkatan kapasitas dan sarana fisik, namun belum bisa memandirikan Kelompok Tani Coklat Tanen (KTC), (3) Norma, kepercayaan, dan jaringan yang dimiliki oleh anggota Kelompok Tani Coklat Tanen (KTC), Dinas Pertanian Kabupaten Sleman, dan Klinik Agromina Bahari (KAB) bersifat assosiatif dan hubungan ketiganya bermotif redistribusi. Kata Kunci : Pemberdayaan Masyarakat, Modal Sosial, Pengembangan Kakao.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 03 Jul 2018 06:59
Last Modified: 03 Jul 2018 06:59
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15566

Actions (login required)

View Item View Item