Sistem Pengambilan Keputusan Multi Kriteria Pada Industri Manufaktur Untuk Mewujudkan Ecomanufacturing Menggunakan Compromise Programming (Studi Kasus di CV. Adi Logam Karya Ceper Klaten)

Nafisah, Laila and Putro, Gunawan Madyono (2015) Sistem Pengambilan Keputusan Multi Kriteria Pada Industri Manufaktur Untuk Mewujudkan Ecomanufacturing Menggunakan Compromise Programming (Studi Kasus di CV. Adi Logam Karya Ceper Klaten). Seminar Nasional Informatika 2015. pp. 211-216. ISSN 1979-2328

[img]
Preview
Text
Proseding Infrmatika 15.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sekarang ini isu lingkungan telah menjadi faktor strategis yang menentukan bagi dunia industry untuk bisa bersaing di dunia global. Industri harus memasukkan isu lingkungan dalam sistem manajemennya. Komitmen terhadap konsep pembangunan berkelanjutan (sutainable development) yang kemudian dilajutkan dengan pemberlakuan standar Environmental Management System-ISO 14000, telah mengharuskan industry pada khususnya industri manufaktur untuk menerapkan ecomanufacturing. Dengan menerapkan ecomanufacturing maka dampak lingkungan dari industri manufaktur dapat diminimalkan sehingga dapat mengurangi terjadinya global warming. Penelitian ini mengembangkan sistem pengambilan keputusan multi criteria di industry maufaktur CV. Adi Logam Karya Ceper Klaten. Persoalan multi criteria disini adalah tujuan perusahaan yang ingin mengoptimalkan dua tujuan perusahaan yang saling kontradiktif, yaitu minimasi biaya produksi dan meminimasi dampak lingkungan. Persoalan tersebut akan diselesaikan menggunakan Compromise Programming. Tahapan pengembangan system pengambilan keputusan multi kriterianya dimulai dengan melakukan pemodelan system terhadap permasalahan di CV. Adi Logam Karya yang pada akhirnya menghasilkan model matematika persoalan multi criteria. Model matematika persoalan multi criteria akan diselesaikan menggunakan Compromise Programming, dimana solusi yang dihasilkan adalah solusi kompromi diantara dua tujuan perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa solusi kompromi (trade-off) yang dihasilkan sudah mendekati solusi ideal masing-masing fungsi tujuan, sehingga sudah memuaskan manajemen perusahaan sebagai pengambil keputusan yang ingin meminimasi biaya produksi dan meminimasi dampak lingkungan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pengambilan keputusan multi criteria, ecomanufcturing, compromise programming
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: ST.,MT GUNAWAN MADYONO PUTRO
Date Deposited: 25 Jul 2018 04:19
Last Modified: 25 Jul 2018 04:19
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15554

Actions (login required)

View Item View Item