PENENTUAN KOMBINASI BAHAN BAKU YANG OPTIMAL UNTUK MEMAKSIMALKAN KUAT TEKAN PAVING BLOCK DENGAN MEMANFAATKAN ABU BAGLOG JAMUR MENGGUNAKAN METODE TAGUCHI ( Studi Kasus di UD. Pak Sabil, Sleman Yogyakarta)

Gita Kusuma, I Nyoman Suwana (2018) PENENTUAN KOMBINASI BAHAN BAKU YANG OPTIMAL UNTUK MEMAKSIMALKAN KUAT TEKAN PAVING BLOCK DENGAN MEMANFAATKAN ABU BAGLOG JAMUR MENGGUNAKAN METODE TAGUCHI ( Studi Kasus di UD. Pak Sabil, Sleman Yogyakarta). Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. lembar pengesahan.pdf

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Daftar Isi.pdf

Download (95kB) | Preview

Abstract

UD. Pak Sabil merupakan salah satu UD yang terletak di Timur Jogja Bay Sleman, Yogyakarta yang bergerak di bidang pembuatan bahan bangunan khususnya membuat paving block dari bahan pasir semen. Permasalahan pada produk paving block yang sering terjadi di UD. Pak Sabil yaitu retak permukaan, mudah tergerus (aus) dan mudah patah. Kecacatan tersebut dapat diatasi dengan menambahkan jumlah semen, akan tetapi penambahan ini akan meningkatkan biaya bahan baku. Oleh sebab itu perlu mencoba penggunaan bahan campuran lain yaitu abu baglog jamur yang memiliki kadar silica 28,61% yang diharapkan dapat digunakan sebagai pengganti sebagian dari berat semen untuk meningkatkan kuat tekan paving block. Untuk memperbaiki kualitas paving block tersebut diperlukan sebuah metode penelitin yang dapat memberikan informasi sebanyak mungkin semua faktor yang mempengaruhi parameter, salah satunya yaitu metode taguchi. Metode taguchi merupakan metode yang bertujuan untuk memperbaiki kualitas produk dan proses dalam waktu yang bersamaan menekan biaya dan sumber daya seminimal mungkin. Faktor kendali dan level yang digunakan adalah faktor semen sebanyak 0,9kg, 1kg, 1,1kg, faktor pasir sebanyak 3,3kg, 3,8kg, 4,3kg, faktor air sebanyak 0,3liter, 0,4liter, 0,5liter, faktor abu baglog jamur sebanyak 0,1kg, 0,2kg, 0,3kg. Dari hasil eksperimen menunjukan bahwa kombinasi bahan baku yang optimal untuk memaksimalkan kuat tekan paving block dengan memanfaatkan abu baglog jamur yaitu faktor semen sebanyak 1,1kg, faktor pasir sebanyak 3,3kg, faktor air sebanyak 0,3liter dan abu baglog jamur sebanyak 0,2kg. Kuat tekan yang dihasilkan yaitu sebesar 89,019 ± 1,218. Kata kunci : abu baglog jamur, kualitas paving block, metode taguchi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 26 Jun 2018 06:16
Last Modified: 12 Jul 2018 06:32
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15465

Actions (login required)

View Item View Item