PERENCANAAN REKLAMASI TAMBANG BERDASARKAN TINGKAT KERUSAKAN LAHAN AKIBAT PENAMBANGAN BAHAN TAMBANG BATUGAMPING KALKARENIT DI DUSUN KENTENG, DESA WILADEG, KECAMATAN KARANGMOJO, KABUPATEN GUNUNGKIDUL, D.I.YOGYAKARTA

Budiman, Arif (2018) PERENCANAAN REKLAMASI TAMBANG BERDASARKAN TINGKAT KERUSAKAN LAHAN AKIBAT PENAMBANGAN BAHAN TAMBANG BATUGAMPING KALKARENIT DI DUSUN KENTENG, DESA WILADEG, KECAMATAN KARANGMOJO, KABUPATEN GUNUNGKIDUL, D.I.YOGYAKARTA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER DEPAN.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (52kB) | Preview

Abstract

INTISARI Penambangan adalah suatu kegiatan dari perusahaan atau masyarakat yang melibatkan alam. Penambangan yang terjadi di Dusun Kenteng, Desa Wiladeg, Kecamatan Karangmojo, Gunungkidul mengalami perubahan bentuk lahan awal yang dulunya perkebunan menjadi lahan tambang. kerusakan lahan yang ditimbulkan seperti perubahan bentang alam, serta terdapat genangan air yang mengisi cekungan, sehingga pencegahan perubahan lingkungan menjadi penting untuk dikelola dengan menerapkan metode rekayasa teknis reklamasi. Tujuan penelitian meliputi: mengetahui tingkat kerusakan lahan akibat penambangan, mengetahui bagaimana rencana teknik reklamasi yang berwawasan lingkungan, dan menghitung biaya reklamasi. Metode yang digunakan dalam pengukuran kerusakan lahan ialah survei dan pemetaan parameter serta penentuan titik pengukuran kerusakan menggunakan metode purposive sampling yaitu dengan melakukan pertimbangan tertentu dengan asumsi dapat mewakili seluruhnya. Pengambilan sampel tanah menggunakan purpossive sampling. Parameter pada analisis kualitas tanah berupa pH, C-Organik, N-Total, K- Tersedia. Penilaian kerusakan menggunakan metode pengharkatan yaitu memberikan nilai pada setiap parameter, mengacu pada Keputusan Gubernur D.I. Yogyakarta No 63 Tahun 2003 Tentang Kriteria Baku Kerusakan Lingkungan Bagi Usaha dan/atau Kegiatan Penambangan Bahan Galian Golongan C, uraian dan penjelasan mengenai kerusakan lahan dan desain teknis rekayasa reklamasi menggunakan analisis deskriptif. Paramater yang digunakan sebagai penilaian kerusakan lahan yaitu batas tepi galian, kemiringan dinding galian, kedalaman galian, tinggi dinding galian, relief dasar galian, tutupan vegetasi, dan kondisi jalan. Hasil penelitian menyatakan kondisi lahan dengan tingkat kerusakan sedang memiliki nilai harkat kerusakan ialah 14 dan tidak memiliki rencana reklamasi. Teknik rekayasa reklamasi yang dilakukan ialah mengacu pada RTRW Kabupaten Gunungkidul 2010-2030 yang diperuntukan sebagai kebun jati. Tanaman yang diperuntukan dilahan reklamasi ialah jati dengan jarak tanam 5 x 5 meter serta tanaman covercrop berupa rumput peking, dengan biaya reklamasi pada block 1 dengan jumlah Rp 19.330.600,-, biaya reklamasi pada block 2 dengan jumlah Rp 13.392.500,- dan pada block 3 dengan jumlah Rp 36.668.400,- Kata kunci: Analisis Kualitas Tanah, Kebun Jati, Kerusakan Lahan, Penambangan, Rekayasa Lereng.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Civil Engineering and the Environment
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 26 Jun 2018 03:27
Last Modified: 26 Jun 2018 03:27
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15450

Actions (login required)

View Item View Item