PERAN HUMAS DALAM MENINGKATKAN CITRA PADA PT. PLN (PERSERO) AREA YOGYAKARTA: PENDEKATAN TEORI KOMUNIKASI CEMERLANG

AMALIA, INTAN (2018) PERAN HUMAS DALAM MENINGKATKAN CITRA PADA PT. PLN (PERSERO) AREA YOGYAKARTA: PENDEKATAN TEORI KOMUNIKASI CEMERLANG. Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sebagai perusahaan penyedia jasa listrik terbesar di Indonesia, PT PLN (Persero) dituntut untuk memenuhi kebutuhan listrik masyarakat. Karena hanya satu-satunya perusahaan penyedia jasa listrik yang banyak digunakan di Indonesia, PT. PLN (Persero) tidak mudah lepas dari kritik dan keluhan dari pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran humas dalam meningkatkan citra pada PT. PLN (Persero) Area Yogyakarta. Jenis penelitian yang yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan metode kualitatif. Teori yang digunakan yaitu Excellence Communication Theory. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini didapatkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa humas PT. PLN (Persero) Area Yogyakarta hanya menjalankan dua peran humas sebagai teknisi komunikasi dan fasilitator komunikasi. Program komunikasi yang dijalankan untuk meningkatkan citra yaitu melalui sosialiasasi serta publikasi informasi yang rutin dilakukan melalui media sosial, media cetak dan media elektronik. Serta pendapat masyarakat mengenai citra PT.PLN (Persero) Area Yogyakarta sudah jauh lebih baik dalam hal pelayanan dan kinerjanya. Untuk strategi yang dijalankan yaitu melalui media sosial, media relations dan stakeholder realtions. Namun, menurut teori yang penulis gunakan dalam peran ideal humas dalam meningkatkan citra yaitu Excellence Communication Theory atau ’komunikasi cemerlang’, dalam prakteknya humas belum dapat dikatakan sebagai komunikasi cemerlang karena belum memenuhi tiga faktor yang terdapat dalam teori tersebut. Kata Kunci : Humas, Citra, PLN Area Yogyakarta

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 25 Jun 2018 04:44
Last Modified: 12 Jul 2018 06:36
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15431

Actions (login required)

View Item View Item