PERANCANGAN KURSI KERJA ERGONOMIS GUNA MENGURANGI GANGGUAN OTOT PADA PEKERJA (Studi Kasus di UKM Batik Tulis Giriloyo, Imogiri, Bantul, Yoyakarta)

Ariyono, Gangsar Diputra (2018) PERANCANGAN KURSI KERJA ERGONOMIS GUNA MENGURANGI GANGGUAN OTOT PADA PEKERJA (Studi Kasus di UKM Batik Tulis Giriloyo, Imogiri, Bantul, Yoyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3. Cover.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (493kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.DAFTAR ISI.pdf

Download (167kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK UKM Sentra batik tulis Giriloyo merupakan UKM yang bergerak dibidang industri batik tulis. UKM ini terletak di dusun Giriloyo, desa Wukir Sari, Imogiri Bantul, Yogyakarta. Sebagian besar para pekerja merupakan penduduk asli dusun Giriloyo dimana profesi tersebut sudah turun temurun sejak jaman dahulu. Kondisi saat ini para pekerja UKM batik tulis Giriloyo mengeluhkan gangguan otot seperti punggung sakit, pegal pada kaki, pantat nyeri, nyeri pada pinggang dan leher, intensitas pengulangan kegiatan yang tinggi serta posisi duduk yang tidak sesuai dengan pripsip - prinsip ergonomi seperti posisi pungung dalam keadaan membungkuk, kaki dalam keadaan tertekuk dan ukuran dingklik tidak sesuai dengan pantat. Dingklik digunakan pembatik untuk duduk dalam bekerja. kursi yang ergonomis adalah jenis kursi yang didesain agar dapat mendukung posisi duduk yang benar, membantu meminimalkan stress, tekanan pada otot dan sendi. Dalam penelitian ini akan membahas perbaikan fasilitas kerja. Untuk penilaian keluhan pada pekerja yaitu melalui pengisian kuisioner Standard Nordic Quetionnaire (SNQ), pengamatan postur kerja dengan metode Quick Exposure Check (QEC). QEC digunakan untuk melakukan penilaian terhadap resiko kerja yang berhubungan dengan gangguan otot di tempat kerja. Selanjutnya untuk perancang kursi kerja menggunakan pendekatan Quality Function Deployment (QFD), tahapan perancangannya yaitu pengumpulan Voice of Customer (VoC), penyusunan rumah kualitas (HoQ) dan implementasi yang diwujudkan dengan perancangan, diharapkan mampu mengembangkan kursi kerja sesuai dengan keinginan konsumen yang dalam hal ini adalah pengguna kursi tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah terciptanya kursi kerja yang disesuaikan dengan dimensi antropometri pekerja dan sesuai dengan kebutuhan pekerja pada proses pembatikan UKM batik tulis Giriloyo. Hasil pengolahan data yang didapatkan menunjukkan adanya penurunan risiko gangguan otot yang dirasakan oleh pekerja pada proses pembatikan dan analisis postur kerja pada fasilitas kerja usulan criteria tindakan pada proses pembatikan berada dalam level “Diperlukan beberapa waktu ke depan”. Kata kunci: Standard Nordic Questionnaire (SNQ), Quick Exposure Check (QEC), Quality Function Deployment (QFD).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 08 Jun 2018 03:39
Last Modified: 08 Jun 2018 03:39
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15360

Actions (login required)

View Item View Item