KAJIAN TEKNIS PELAKSANAAN DISPATCH FATIGUE MANAGEMENT SYSTEM PADA MINING OPERATION DIVISION, PT. KALTIM PRIMA COAL, KECAMATAN SANGATTA, KABUPATEN KUTAI TIMUR, PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

SUNARYO, EKA SUKMAWATI (2018) KAJIAN TEKNIS PELAKSANAAN DISPATCH FATIGUE MANAGEMENT SYSTEM PADA MINING OPERATION DIVISION, PT. KALTIM PRIMA COAL, KECAMATAN SANGATTA, KABUPATEN KUTAI TIMUR, PROVINSI KALIMANTAN TIMUR. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK EKA SUKMAWATI SUNARYO.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. COVER EKA SUKMAWATI SUNARYO.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN EKA SUKMAWATI SUNARYO.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI EKA SUKMAWATI SUNARYO.pdf

Download (23kB) | Preview

Abstract

PT. Kaltim Prima Coal (PT. KPC) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan khususnya pertambangan batubara dan juga salah satu objek vital nasional (OBVITNAS). PT. Kaltim Prima Coal menyelesaikan studi kelayakan penambangannya pada tahun 1986, menyelesaikan rencana penambangan pada tahun 1988, pembangunan konstruksi tambangnya dimulai pada tahun 1989, dan mulai beroperasi pada tahun 1990. Sistem penambangan yang diterapkan pada PT. Kaltim Prima Coal adalah sistem tambang terbuka. Jam operasi PT. Kaltim Prima Coal yang mengharuskan unit pengolahan dan penambangan terus beroperasi selama 24 jam dan shift kerja yang cukup lama yaitu selama 12 jam menyebabkan resiko timbulnya kelelahan kerja tinggi. Dalam upaya mencegah kecelakaan kerja akibat kelelahan, dikembangkan sistem dispatch fatigue management dengan menggunakan alat peringatan fatigue. Alat ini berfungsi untuk mengukur tingkat konsentrasi operator dengan cara menampilkan pertanyaan pada layar dispatch yang harus dijawab oleh operator. Penerapan dispatch fatigue management system sudah berjalan dengan baik, hal ini dapat dilihat berdasarkan analisis data MOD HSE database dari tahun 2013 sampai tahun 2015, tingkat kecelakaan yang terjadi yang disebabkan oleh kelelahan kerja sejumlah 21 insiden dari total 392 insiden yang terjadi pada sepanjang tahun 2013 sampai tahun 2015, atau jika dinyatakan dalam persentase sebesar 5%. Dengan nilai FR 0,66 pada tahun 2013, 0,67 pada tahun 2014, dan 0,44 pada tahun 2015. Kelompok pekerja yang perlu diberi perhatian lebih yaitu pekerja dengan rentang usia ≥40 tahun dan pekerja yang baru memiliki masa kerja 1-5 tahun karena pada kelompok pekerja tersebut memiliki tingkat kecelakaan akibat kelelahan (fatigue) yang paling tinggi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 07 Jun 2018 07:00
Last Modified: 12 Jul 2018 07:21
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15355

Actions (login required)

View Item View Item