Analisis Persepsi Konsumen Terhadap Kualitas Produk” (Studi pada CV.Pratama Karya Warkop Bardiman cabang Yogyakarta ).

Suwandi, Muhammmad Khanif Risa (2015) Analisis Persepsi Konsumen Terhadap Kualitas Produk” (Studi pada CV.Pratama Karya Warkop Bardiman cabang Yogyakarta ). UNSPECIFIED thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[thumbnail of JURNAL ANALISIS PERSEPSI KONSUMEN.pdf]
Preview
Text
JURNAL ANALISIS PERSEPSI KONSUMEN.pdf

Download (141kB) | Preview

Abstract

ABSTRAKSI
Muhammmad Khanif Risa Suwandi, NIM: 152100076, Jurusan Ilmu
Administrasi Bisnis,Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pembangunan
Nasional “Veteran” Yogyakarta. Judul:

Analisis Persepsi Konsumen Terhadap
Kualitas Produk”
(Studi pada CV.Pratama Karya Warkop Bardiman cabang
Yogyakarta ).
Pembimbing: Sauptika Kancana, M.Si, dan Didik Indarwanta M.AB.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi konsumen
terhadap kualitas produk dan atribut kualitas produk apa saja yang dipertimbangkan
konsumen untuk meilih produk pada Warkop Bardiman Yogyakarta .
Penelitian ini dilakukan di Warung Kopi Bardiman Seturan Yogyakarta. Tipe
penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Dalam penelitian ini
digunakan data primer sebagai sumber data. Dalam penelitian ini menggunakan
metode kuisioner. Populasi yang diambil adalah konsumen Warung Kopi Bardiman
Seturan Yogyakarta. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah
sampling insedental denagn jumlah sampel sebanyak 96 responden. Teknik analisa
data dalam penelitian ini menggunakan metode
Cochran Q Test dan Perceived
Quality
(PQ)
Hasil penelitian berdasarkan langkah-langkah analisis data menggunakan
Cochran Q Test
diketahui atribut yang dipertimbangkan konsumen dalam memeilih
Warkop Bardiman adalah : 1) Pelayanan cepat, 2) Kebersihan tempat, 3) Jam buka 24
jam, 4) Lokasi strategis, 5) Banyak pilihan menu, 6) Suasana nyaman, 7) Porsi
banyak, 8) Harga terjangkau, 9) Rasanya enak, 10) Fasilitas lengkap. Hasil
perhitungan metode
perceived quality
yang dilakukan dengan mengukur skor total
performans dan tingkat kepentingan menunjukkan bahwa total PQ (performans
relatif) atribut kualitas produk Warkop Bardiman sebesar 0,0995 atau 9.95% dan
0,099 atau 9,9 %.
Dari perhitungan tersebut persepi konsumen terhadap kualitas produk pada
Warkop Bardiman ada yang dinilai sudah baik dan masih belum baik, untuk penilaian
baik dapat dilihat dari hasil perhitungan bobot nilai PQ relatif yang menunjukkan
bahwa dalam tingkat performans fasilitas lengkap dinilai oleh konsumen Warkop
Bardiman sudah baik.Hal ini dikarenakan poin perhitungan menurut data kuisioner
fasilitas lengkap menduduki tingkat performans baik yang paling tinggi yaitu 0,104
atau 10,4 %. Kemudian untuk persepsi konsumen Warkop Bardiman terhadap atribut
produk yang dinilai masih belum baik dilihat dari tingkat performans adalah
pelayanan cepat, karena atribut produk tersebut menduduki tingkat performans tidak
baik yaitu 0,095 atau 9,5%. Dari hasil penelitian ini dapat diambil suatu implikasi
bahwa sebuah Warung Kopi mampu menciptakan persepsi yang baik (positif) dimata
konsumen, sehingga meyakinkan konsumen untuk datang dan membeli produk
kembali pada Warung Kopi tersebut.
, NIM: 152100076, Jurusan Ilmu
Administrasi Bisnis,Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pembangunan
Nasional “Veteran” Yogyakarta. Judul:

Analisis Persepsi Konsumen Terhadap
Kualitas Produk”
(Studi pada CV.Pratama Karya Warkop Bardiman cabang
Yogyakarta ).
Pembimbing: Sauptika Kancana, M.Si, dan Didik Indarwanta M.AB.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi konsumen
terhadap kualitas produk dan atribut kualitas produk apa saja yang dipertimbangkan
konsumen untuk meilih produk pada Warkop Bardiman Yogyakarta .
Penelitian ini dilakukan di Warung Kopi Bardiman Seturan Yogyakarta. Tipe
penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Dalam penelitian ini
digunakan data primer sebagai sumber data. Dalam penelitian ini menggunakan
metode kuisioner. Populasi yang diambil adalah konsumen Warung Kopi Bardiman
Seturan Yogyakarta. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah
sampling insedental denagn jumlah sampel sebanyak 96 responden. Teknik analisa
data dalam penelitian ini menggunakan metode
Cochran Q Test dan Perceived
Quality
(PQ)
Hasil penelitian berdasarkan langkah-langkah analisis data menggunakan
Cochran Q Test
diketahui atribut yang dipertimbangkan konsumen dalam memeilih
Warkop Bardiman adalah : 1) Pelayanan cepat, 2) Kebersihan tempat, 3) Jam buka 24
jam, 4) Lokasi strategis, 5) Banyak pilihan menu, 6) Suasana nyaman, 7) Porsi
banyak, 8) Harga terjangkau, 9) Rasanya enak, 10) Fasilitas lengkap. Hasil
perhitungan metode
perceived quality
yang dilakukan dengan mengukur skor total
performans dan tingkat kepentingan menunjukkan bahwa total PQ (performans
relatif) atribut kualitas produk Warkop Bardiman sebesar 0,0995 atau 9.95% dan
0,099 atau 9,9 %.
Dari perhitungan tersebut persepi konsumen terhadap kualitas produk pada
Warkop Bardiman ada yang dinilai sudah baik dan masih belum baik, untuk penilaian
baik dapat dilihat dari hasil perhitungan bobot nilai PQ relatif yang menunjukkan
bahwa dalam tingkat performans fasilitas lengkap dinilai oleh konsumen Warkop
Bardiman sudah baik.Hal ini dikarenakan poin perhitungan menurut data kuisioner
fasilitas lengkap menduduki tingkat performans baik yang paling tinggi yaitu 0,104
atau 10,4 %. Kemudian untuk persepsi konsumen Warkop Bardiman terhadap atribut
produk yang dinilai masih belum baik dilihat dari tingkat performans adalah
pelayanan cepat, karena atribut produk tersebut menduduki tingkat performans tidak
baik yaitu 0,095 atau 9,5%. Dari hasil penelitian ini dapat diambil suatu implikasi
bahwa sebuah Warung Kopi mampu menciptakan persepsi yang baik (positif) dimata
konsumen, sehingga meyakinkan konsumen untuk datang dan membeli produk
kembali pada Warung Kopi tersebut.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjek: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Depositing User: Muji Isambina
Date Deposited: 18 May 2016 07:53
Last Modified: 18 May 2016 07:53
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/1534

Actions (login required)

View Item View Item