STUDI PERBANDINGAN NILAI POROSITAS HASIL ANALISA LOG DENGAN ANALISA SIDEWALL CORE PADA SUMUR “DARA” UNTUK PENENTUAN CADANGAN PADA LAPANGAN “TM”

NEVIA, YOLANDA (2018) STUDI PERBANDINGAN NILAI POROSITAS HASIL ANALISA LOG DENGAN ANALISA SIDEWALL CORE PADA SUMUR “DARA” UNTUK PENENTUAN CADANGAN PADA LAPANGAN “TM”. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

RINGKASAN Untuk melakukan studi perbandingan nilai porositas dari logging dengan analisa sidewall core, diperlukan data log dan data core dari Sumur Dara, yang merupakan sumur gas. Logging dan analisa sidewall core mempunyai peran yang sama, yaitu memberi informasi berupa data-data dari formasi yang dapat digunakan untuk menentukan parameter-parameter seperti porositas batuan, permeabilitas, dan saturasi. Pada metode well logging, data petrofisik tersebut diperoleh dengan menganalisa kurva log secara kualitatif dan kuantitatif, sedangkan pada analisa sidewall core, harga-harga porositas batuan dan saturasi air formasi ini diperoleh dengan uji analisa sidewall core di laboraturium. Analisa core tidak dilakukan pada setiap sumur yang ada pada Lapangan TM, tetapi hanya dilakukan pada sumur-sumur tertentu. Sedangkan logging dilakukan dilakukan pada setiap sumur, termasuk sumur yang akan dilakukan analisa core. Mengingat bahwa data petrofisik yang diperoleh dari analisa sidewall core akan cenderung lebih akurat dibandingkan dengan data hasil logging, maka perlu dilakukan validasi data log terhadap data core dengan cara membandingkan kedua data tersebut, dalam hal ini yang dibandingkan adalah nilai porositasnya. Jika porositas hasil analisa log memiliki nilai yang sama atau mendekati dengan nilai porositas hasil analisa sidewall core, maka data tersebut dikatakan valid sehingga dapat digunakan, salah satunya untuk perhitungan cadangan. Setelah dilakukan analisa log secara kualitatif dan kuantitatif dalam penentuan porositas batuan reservoir, selanjutnya dilakukan perbandingan antara porsitas hasil analisa log dengan analisa core. Dari perbandingan yang dilakukan, diketahui bahwa terdapat perbedaan nilai porositas efektif yang dihasilkan dari kedua metode. Penyebab dari perbedaan nilai porositas yang didapat yaitu karena terjadi Pseudomatrix pada batuan sample, hal ini dapat diketahui dari analisa petrografi yang dilakukan pada sample core. Perbedaan nilai porositas efektif yang dihasilkan yaitu berkisar antara 0.2 - 2.5%, dimana perbedaan nilai porositas yang tidak lebih dari 5% dapat diabaikan. Selain itu, dari hasil evaluasi statistik secara korelasi dan regresi pada Sumur Dara Lapangan TM, didapatkan hubungan antara porositas hasil analisa log dengan porositas hasil anlisa core yang ditunjukkan oleh koefisien korelasi (r) sebesar 0.89, dengan persamaan Y = 1.2208X - 1.7677, sehingga disimpulkan bahwa nilai porositas hasil dari analisa log dapat dikatakan akurat dan data log Sumur Dara dapat digunakan dalam penentuan parameter untuk perhitungan cadangan. penentuan cadangan reservoir pada Sumur Dara dilakukan dengan perhitungan menggunakan rumus OGIP (Original Oil In Place) karena sumur ini terdapat di lapangan gas, yaitu Lapngan TM. Setelah melakukan perhitungan menggunakan paramter yang didapat dari pengolahan data log, didapat harga OGIP sebesar 5.8x1012 SCF.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 04 Jun 2018 04:48
Last Modified: 04 Jun 2018 04:48
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15312

Actions (login required)

View Item View Item