KOMUNIKASI KESEHATAN DAN PROGRAM GENERASI BERENCANA (Studi Program Generasi Berencana di Pusat Informasi dan Konseling/PIKM Daerah Istimewa Yogyakarta)

Hendariningrum, Retno and Afifi, Subhan and Yustitia, Senja (2015) KOMUNIKASI KESEHATAN DAN PROGRAM GENERASI BERENCANA (Studi Program Generasi Berencana di Pusat Informasi dan Konseling/PIKM Daerah Istimewa Yogyakarta). In: Seminar Nasional, Call Paper, dan Pameran Hasil Penelitian dan Pengbdian Masyarakat Kemenristek Dikti RI, 22 Oktober 2015, Yogyakarta, Indonesia.

[img]
Preview
Text
RETNO dkk-LPPM 2015.pdf

Download (287kB) | Preview

Abstract

Komunikasi kesehatan merupakan studi yang mempelajari bagaimana cara menggunakan strategi komunikasi untuk menyebarluaskan informasi kesehatan yang dapat mempengaruhi individu dan komunitas agar mereka dapat membuat keputusan yang tepat berkaitan dengan pengelolaan kesehatan. Remaja adalah masa penuh paradoks, secara biologis dapat menjadi ayah atau ibu tapi belum dewasa secara psikologis dan mental. Dalam konteks generasi berencana, besarnya arus globalisasi informasi yang tidak untuk mengetahui strategi komunikasi kesehatan melalui pelaksanaan program Generasi Berencana (GenRe) di BKKBN Daerah Istimewa Yogyakarta. Metode penelitian menggunakan dreskrpitif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program generasi berencana (GenRe) merupakan suatu program yang sesuai untuk menyiapkan masa depan remaja. Tujuananya untuk terwujudnya Tegar Remaja, yaitu remaja yang berperilaku sehat, terhindar dari risiko napza dan penularan HIV/AIDS, menunda usia pernikahan, mempunyai perencanaan kehidupan berkeluarga untuk mewujudkan keluarga kecil bahagia sejahtera. Pelaksanaan program genRe melalui PIKM Jari Mulia, PIKM Laras Hati, dan PIKM UKESMA dilakukan melalui pemberdayaan mahasiswa yakni, aksi donor darah, curhat remaja, debat pengetahuan kesehatan reproduksi dan masalah kesehatan, Kartini’s Day, PIKM Goes to School, Pos Yandu lansia, Pos Yandu balita, Layanan Konseling Mahasiswa. Kesemua aktivitas tersebut adalah untuk mengisi dan menyiapkan masa remaja yang kesemuanya bermuara terwujudnya Tegar Remaja.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: - YUSTITIA SENJA
Date Deposited: 04 May 2018 06:21
Last Modified: 04 May 2018 06:21
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15092

Actions (login required)

View Item View Item