PENGARUH KEJELASAN SASARAN ANGGARAN, PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI, PENGENDALIAN AKUNTANSI, DAN KETAATAN PERATURAN PERUNDANGAN TERHADAP AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH DAERAH (Studi Empiris pada Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Grobogan)

Wati, Esti Kurnia (2018) PENGARUH KEJELASAN SASARAN ANGGARAN, PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI, PENGENDALIAN AKUNTANSI, DAN KETAATAN PERATURAN PERUNDANGAN TERHADAP AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH DAERAH (Studi Empiris pada Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Grobogan). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3. COVER .pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (222kB) | Preview

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kejelasan sasaran anggaran, penerapan sistem akuntansi, pengendalian akuntansi, dan ketaatan peraturan perundangan terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah Kabupaten Grobogan. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terdiri dari 25 Badan atau Dinas di Kabupaten Grobogan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kepala Dinas, Kepala sub bagian keuangan dan Kepala sub bagian program dari dinas tersebut yang dipilih melalui metode purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengujian data dilakukan dengan uji validitas, uji reabilitas, sedangkan uji hipotesis dengan analisis regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS versi 17.0. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) kejelasan sasaran anggaran tidak berpengaruh terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah, (2) penerapan pengendalian sistem akuntansi berpengaruh terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah, (3) pengendalian akuntansi berpengaruh terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah, (4) ketaatan peraturan perundangan berpengaruh terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah. Kata Kunci: kejelasan sasaran anggaran, peneparan sistem akuntansi, pengendalian akuntansi, ketaatan peratura perundangan dan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 26 Apr 2018 04:34
Last Modified: 26 Apr 2018 04:34
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15075

Actions (login required)

View Item View Item