KONSTRUKSI SOSOK ARCANDRA TAHAR DALAM SKH KOMPAS (Analisis Framing Tentang Arcandra Tahar dalam SKH Kompas Pada Edisi Bulan Juli – Oktober 2016)

PRABOWO, KURNIA AGUNG (2018) KONSTRUKSI SOSOK ARCANDRA TAHAR DALAM SKH KOMPAS (Analisis Framing Tentang Arcandra Tahar dalam SKH Kompas Pada Edisi Bulan Juli – Oktober 2016). Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI fix.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (157kB) | Preview

Abstract

Media massa adalah sarana bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan akan informasi yang ada disekitar kita. Salah satu peristiwa yang menarik untuk diperbincangkan adalah peristiwa-peristiwa politik yang menyangkut dengan pengambilan suatu keputusan oleh pemerintah. Keputusan Presiden Joko Widodo yang menjadi kontroversi adalah pasca penunjukan Arcandra Tahar menjadi Menteri ESDM pada reshuffle kabinet jilid II yang belakangan diketahui berstatus dwi kewarganegaraan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pandangan SKH Kompas mengenai sosok Arcandra Tahar serta cara dan teknik yang digunakan SKH Kompas dalam mengkonstruksi sosok Arcandra Tahar. Metode penelitian ini menggunakan analisis framing. Dalam menganalisis penelitian, peneliti menggunakan model analisis framing Robert N. Entman serta menggunakan pendekatan Framing dan Konstruksi Realitas Media. Hasil penelitian pada skripsi ini yaitu Arcandra dikonstruksikan sebagai orang yang tidak jujur dan tidak terbuka terkait kewarganegaraannya baik kepada presiden maupun masyarakat Indonesia. Akibatnya Arcandra dianggap tidak layak lagi menjadi pejabat pemerintah. Peneguhan kewarganegaraan Arcandra oleh pemerintah dianggap bukan sikap yang profesional serta menyalahi aturan hingga melanggar hukum. SKH Kompas memiliki cara dan teknik tertentu dalam mengkonstruksi pemberitaan, yaitu melalui pendekatan wartawan dalam menseleksi isu serta menulis berita yang hendak disampaikan kepada khalayak. Cara pandang tersebutlah yang akhirnya menentukan fakta apa yang diambil, bagian mana yang ditonjolkan dan dihilangkan, serta hendak dibawa kemana berita tersebut. Hal ini bisa dilihat dari SKH Kompas yang menekankan permasalah Arcandra dari sisi hukum. Kata kunci: Arcandra Tahar, Dwi kewarganegaraan, Analisis framing, Menteri ESDM.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 17 Apr 2018 06:17
Last Modified: 19 Apr 2018 02:01
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15049

Actions (login required)

View Item View Item