PERANCANGAN ALAT PENIRIS AYAM GORENG UNTUK MEMPERCEPAT PROSES PENIRISAN MENGGUNAKAN VEREIN DEUTSCER INGENIEURE (VDI) 2221 (Studi kasus di UKM Ayam Goreng Kalasan Bu Tatik Widodo)

Rafif, Rifqi Naufal (2018) PERANCANGAN ALAT PENIRIS AYAM GORENG UNTUK MEMPERCEPAT PROSES PENIRISAN MENGGUNAKAN VEREIN DEUTSCER INGENIEURE (VDI) 2221 (Studi kasus di UKM Ayam Goreng Kalasan Bu Tatik Widodo). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3.Cover.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.Lembar Pengesahan.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.ABSTRAK.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.DAFTAR ISI.pdf

Download (35kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ayam Goreng Bu Tatik Widodo adalah salah satu UMKM yang bergerak di bidang kuliner yaitu memproduksi ayam goreng siap saji. Keseluruhan proses produksi yang dilakukan UMKM ini masih dilakukan dengan cara tradisional, hal tersebut berdampak ketika UMKM tersebut dihadapkan pada situasi permintaan dalam jumlah banyak. Pada kendala tesebut, yang dilakukan pihak UMKM Ayam Goreng Bu Tatik Widodo adalah mempercepat waktu proses penirisan ayam goreng dengan cara perkiraan. Cara tersebut justru menyebabkan terjadinya keluhan dari konsumen, terutama dari sisi kesehatan. Mesin peniris ayam goreng dirancang menggunakan langkah-langkah metode Verein Deutscer Ingenieure (VDI) 2221. Atribut yang digunakan merupakan keinginan pengguna alat yang kemudian diturunkan menjadi fungsi-fungsi yang harus dipenuhi oleh produk yang dikembangkan. Pengembangan mesin akan diwujudkan dalam bentuk nyata serta dilakukan evaluasi secara kualitatif. Penirisan tradisional menghasilkan waktu baku 11,4 menit dalam sekali penirisan, dengan output baku yang dihasilkan sebesar 15 ekor/jam serta kandungan minyak yang dihasilkan sebesar ± 5 ml/ekor. Sedangkan pada proses penirisan menggunakan mesin peniris, waktu baku yang dihasilkan selama 8,11 menit dalam sekali penirisan, dengan output baku yang dihasilkan sebesar 24 ekor/jam serta kandungan minyak yang dihasilkan sebesar ± 7 ml/ekor. Tingkat pengembalian investasi mesin peniris dapat dikembalikan selama 15 bulan dengan menyisihkan keuntungan sebangan Rp 50.0000,00/minggu. Kata kunci : mesin peniris ayam goreng, VDI 2221, efisiensi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 17 Apr 2018 04:15
Last Modified: 17 Apr 2018 04:15
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15037

Actions (login required)

View Item View Item