PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI SKRIPSI DENGAN MENERAPKAN ALGORITMA WINNOWING UNTUK DETEKSI SIMILARITY DOKUMEN (STUDI KASUS TEKNIK INFORMATIKA UPN “VETERAN” YOGYAKARTA)

FACHRURRADJIE, MUHADJIR (2018) PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI SKRIPSI DENGAN MENERAPKAN ALGORITMA WINNOWING UNTUK DETEKSI SIMILARITY DOKUMEN (STUDI KASUS TEKNIK INFORMATIKA UPN “VETERAN” YOGYAKARTA). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER - MF.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN - MF.pdf

Download (982kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK - MF.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI - MF.pdf

Download (23kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi merupakan suatu karya tulis ilmiah yang dilakukan oleh mahasiswa sebagai syarat dalam memperoleh gelar sarjana. Dalam proses pengajuan skripsi, tiap-tiap Perguruan tinggi memiliki caranya masing-masing, seperti menggunakan cara manual atau menggunakan sistem informasi skripsi. Secara umum sistem informasi skripsi dapat memudahkan mahasiswa dengan memberikan informasi mengenai pengajuan proposal skripsi, dan informasi lain mengenai skripsi. Sistem informasi skripsi yang ada di Teknik Informatika UPN “Veteran” Yogyakarta masih menggunakan cara manual dan tidak terdapat suatu sistem untuk mendeteksi plagiarisme yang terdapat pada proposal skripsi. Plagiarisme dalam proposal skripsi dapat dicegah dengan menambahkan sebuah fitur didalam sistem informasi skripsi untuk mengetahui tingkat plagiarisme proposal tersebut. Untuk mengetahui tingkat plagiarisme tersebut dapat menggunakan algoritma Winnowing. Algoritma Winnowing bekerja dengan cara memproses teks yang didapatkan dari proposal, kemudian dilakukan beberapa tahapan preprocessing dan mencari nilai hash terkecil dari tiap-tiap dokumen yang nantinya digunakan sebagai pembanding untuk menentukan persentase nilai kemiripan proposal tersebut. Dalam mencari dokumen yang akan dijadikan pembanding, sistem tersebut menggunakan web scraping dalam mencari artikel terkait di internet berdasarkan keyword yang berasal dari proposal skripsi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, penambahan fitur deteksi plagiarisme diterapkan didalam sistem informasi skripsi dapat membantu menentukan tingkat persentase kemiripan proposal skripsi dengan artikel yang berada di internet. Penggunaan sistem informasi skripsi ini juga mempermudah dalam memproses pengajuan skripsi yang dilakukan oleh mahasiswa, karena telah menggunakan sistem berbasis komputer. Katakunci : Plagiarisme, Winnowing, Hash, web scraping, Sistem informasi skripsi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 17 Apr 2018 03:30
Last Modified: 17 Apr 2018 03:30
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15033

Actions (login required)

View Item View Item