Implementasi Algoritma Cluster pada Pencarian dan Rekomendasi Tempat Kuliner dengan metode ICHM (Item Based Clustering Hybrid Method) dan Berbasis LBS di Yogyakarta

Amin, Nasir (2018) Implementasi Algoritma Cluster pada Pencarian dan Rekomendasi Tempat Kuliner dengan metode ICHM (Item Based Clustering Hybrid Method) dan Berbasis LBS di Yogyakarta. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (908kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (105kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Yogyakarta merupakan kota wisata yang memiliki destinasi kuliner yang di gemari oleh banyaknya wisatawan. Pertumbuhan wisata kuliner tersebut terus meningkat dilihat dari banyaknya tempat-tempat kuliner baru yang bermunculan seperti restaurant, cafe, dan pusat oleh-oleh. Banyak nya pilihan tujuan kuliner tersebut akan membuat wisatawan sulit dalam menentukan tempat kuliner mana yang akan di pilih. Sistem rekomendasi dalam pemilihan tempat kuliner merupakan sebuah fasilitas yang sangat berguna bagi wisatawan, Salah satu fungsi dari sistem rekomendasi adalah untuk mempermudah dalam pengambilan keputusan. Pada penelitian ini telah dibangun sebuah sistem pencarian dan rekomendasi pemilihan tempat wisata kuliner yang ada di Yogyakarta. Sistem ini menggunakan LBS (Location-Based Service) dengan memanfaatkan GPS, selain dapat mengetahui posisi pengguna, sistem ini juga dapat menentukan posisi tempat-tempat tertentu yang ada di sekitar pengguna. Pada sistem rekomendasi, penelitian ini menggunakan metode ICHM (Item Based Clustering Hybrid Method) yaitu gabungan dari beberapa metode dalam sistem rekomendasi. ICHM membangun Group-rating berdasarkan konten atau atribut yang dimiliki item dan membagi item tersebut menjadi beberapa cluster atau group. Group-rating ini yang meningkatkan performa dari collaborative filtering dalam fase perhitungan kemiripan. Sistem ini memiliki beberapa kebutuhan fungsional seperti, menemukan tempat kuliner terdekat, melakukan pencarian berdasarkan tempat dan menu, melihat daftar semua tempat/menu kuliner, melihat detail restoran/menu kuliner, serta dapat memberikan review dan rating pada tempat kuliner. Hasil dari penelitian ini adalah diketahui bahwa dengan menggunakan metode ICHM dapat memberikan rekomendasi tempat kuliner berdasarkan hasil prediksi nilai rating baru dari tempat kuliner, dan dengan pengujian menggunakan metode black-box menunjukkan bahwa semua fungsi dapat bekerja dengan benar. Adapun hasil dari pengujian black-box dengan alpha test pada 10 responden, lebih dari 50% responden memberikan jawaban Baik, hal ini menunjukkan bahwa fungsi sistem yang telah dibangun dapat memenuhi kebutuhan dari pengguna. Kata Kunci : Sistem Rekomendasi, Location Based Service, Item Based Clustering Hybrid Method, Wisata Kuliner Kota Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 17 Apr 2018 03:25
Last Modified: 17 Apr 2018 03:25
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15032

Actions (login required)

View Item View Item