EVALUASI SUCKER ROD PUMP BERDASARKAN ANALISA DYNAMOMETER CARD PADA SUMUR TAB-01 LAPANGAN TAPEN PT. PERTAMINA EP ASSET 4 FIELD CEPU

ASHARI, MOHAMAD FAUZAN AKBAR (2018) EVALUASI SUCKER ROD PUMP BERDASARKAN ANALISA DYNAMOMETER CARD PADA SUMUR TAB-01 LAPANGAN TAPEN PT. PERTAMINA EP ASSET 4 FIELD CEPU. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

RINGKASAN Sumur kajian TAB-01 berada pada lapangan Tapen di wilayah kerja PT. Pertamina EP asset 4 field Cepu. Hasil laporan produksi harian sumur TAB-01 menunjukkan seringnya terjadi penurunan produksi. Sumur TAB-01 berproduksi dengan pompa sucker rod berjenis conventional, dengan tipe pompa THE, dipasang pada kedalaman 3307.74 ft, dengan panjang langkah 113 in, kecepatan pemompaan 11.6 SPM, dengan water cut 84.33 % dan sumur TAB-01 berproduksi dengan laju produksi total sebesar 511.141 BFPD, laju produksi minyak 80.101 BOPD, dan laju produksi air 431.04 BWPD. Berdasarkan parameter di atas, akibat seringnya terjadi penurunan produksi maka perlu dilakukan evaluasi terhadap pompa terpasang pada sumur kajian, dan kemudian dilakukan optimasi guna meningkatkan laju produksi yang optimum yang sesuai pada kondisi sumur kajian. Evaluasi yang dilakukan pada pompa terpasang sumur TAB-01 menggunakan analisa dynamometer card. Dari analisa dynamometer card tersebut dapat diketahui kinerja pompa dan beban-beban yang diderita oleh polished rod pada pompa terpasang. Analisa dynamometer card juga digunakan untuk melakukan evaluasi besaran efisisiensi volumetris pompa terpasang, yang nantinya dari besaran efisiensi volumetris tersebut akan diketahui apakah perlu dilakukan perencanaan ulang atau tidak. Sumur TAB-01 secara teoritis penggunaan pompanya kurang efisien yaitu sebesar 65.66 %. Pada analisa dynamometer card untuk sumur TAB-01 terjadi fluid acceleration dan sticking plunger yang umumnya terjadi karena ikut terproduksinya pasir kedalam pompa sehingga mengganggu pergerakan pompa. Optimasi pompa dilakukan dengan analisa nodal, yaitu membuat cross plot antara kurva inflow performance relationship (IPR), dengan kurva pump intake (Pi) untuk panjang langkah (S) dan kecepatan pompa (N), dengan memvariasikan besarnya nilai S dan N, sehingga diperoleh variasi harga S dan N versus laju produksi. Hasil optimasi dari sumur TAB-01 berproduksi pada laju alir 800 BFPD, pompa sucker rod pada sumur TAB-01 di setting dengan panjang langkah 140 inch, dengan kecepatan pemompaan 12 SPM, sehingga didapatkan efisiensi volumetris pompa sebesar 79.62%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 17 Apr 2018 02:32
Last Modified: 17 Apr 2018 02:32
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15026

Actions (login required)

View Item View Item