PERENCANAAN PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU PRODUK TEGEL MENGGUNAKAN METODE SILVER MEAL (Studi Kasus pada Industri Sarasa Tegel di Bantul, Yogyakarta)

ARMILANDO, WAYAN RENDY (2018) PERENCANAAN PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU PRODUK TEGEL MENGGUNAKAN METODE SILVER MEAL (Studi Kasus pada Industri Sarasa Tegel di Bantul, Yogyakarta). Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2. COVER.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 Daftar isi.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (468kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 abstrak.pdf

Download (342kB) | Preview

Abstract

Produksi merupakan kegiatan inti dari sebuah perusahaan yang menghasilkan produk jadi yang akan dijual di pasaran. Tersedianya persediaan bahan baku yang cukup merupakan faktor yang penting untuk menjamin kelancaran proses produksi. Sarasa tegel merupakan industri yang bergerak dibidang pembuatan tegel. Sarasa tegel sering dihadapkan pada permasalahan kekurangan persediaan bahan baku karena penggunaan bahan baku yang tidak menentu dan tidak adanya perencanaan pembelian bahan baku. Metode yang digunakan untuk menyelesaikan masalah persediaan yang dihadapi dalam penelitian ini adalah metode Silver Meal. Dalam penelitian ini metode Silver Meal digunakan bertujuan untuk menentukan kapasitas pemesanan dan waktu pemesanan bahan baku yang tepat untu meminimalkan total biaya persediaan bahan baku. Penelitian ini dimulai dengan meramalkan permintaan produk tegel dan juga kebutuhan semen, semen putih, dan mill untuk 6 bulan kedepan. Dari hasil peramalan tersebut akan dilakukan perhitungan lot size menggunakan metode silver meal. Hasil perhitungan lot size tersebut dilakukan untuk mengasilkan kapasitas dan waktu pemesanan bahan baku terbaik sehingga membuat biaya persediaan menjadi minimum. Pada penelitian ini juga akan dilakukan perhitungan jumlah safety stock dan reorder point untuk menjaga kelancara proses produksi dan kekurangan bahan baku. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemesanan bahan baku semen, semen putih, dan mill untuk 6 bulan kedapan ( Januari – Juni 2018) adalah 23 pemesanan untuk semen, 11 kali pemesanan untuk semen putih, dan 8 kali pemesanan untuk mill. Metode Silver Meal yang digunakan dalam penelitian ini memberikan penghematan total biaya keseluruhan sebesar Rp 2.153.1400,00. Penelitian ini juga menghasilkan jumlah safety stock 5 semen, 2 semen putih, 4 mill dan reorder point 12 semen, 3 semen putih, dan 10 mill. Kata kunci: peramalan, persediaan, Silver Meal, safety stock, reoder point, lot size

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 16 Apr 2018 02:06
Last Modified: 16 Apr 2018 02:06
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15015

Actions (login required)

View Item View Item