KAJIAN TEKNIS SISTEM PENYALIRAN TAMBANG BATUBARA PIT MENTARI PT. SUNGAI DANAU JAYA JOBSITE PT. BUKIT MAKMUR MANDIRI UTAMA KABUPATEN TANAH BUMBU KALIMANTAN SELATAN

ISNAYA, MUHAMMAD SYAFIQ (2018) KAJIAN TEKNIS SISTEM PENYALIRAN TAMBANG BATUBARA PIT MENTARI PT. SUNGAI DANAU JAYA JOBSITE PT. BUKIT MAKMUR MANDIRI UTAMA KABUPATEN TANAH BUMBU KALIMANTAN SELATAN. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3. COVER.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (30kB) | Preview

Abstract

RINGKASAN Penelitian ini dilakukan di pit Mentari PT. Sungai Danau Jaya Jobsite PT. Bukit Makmur Mandiri Utama yang berlokasi di Kecamatan Angsana, Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan. Sistem peyaliran yang digunakan adalah mine drainage dan mine dewatering. Sumber air tambang berasal dari air hujan dan air limpasan yang mengalir masuk ke dalam sump, kemudian dikeluarkan dengan cara pemompaan. Saat terjadi hujan dengan intensitas yang tinggi, sering terjadi genangan air di lantai dasar tambang dikarenakan sump tidak berada di titik terendah, selain itu sump yang ada di lokasi penelitian belum mempunyai dimensi dan bentuk yang tepat untuk menampung debit air yang masuk ke area tersebut. Oleh karena itu perlu dilakukan kajian mengenai sistem penyaliran tambang yang telah ada di pit tersebut. Berdasarkan data curah hujan tahun 2007-2016, diperoleh PUH 4 tahun dengan intensitas curah hujan 25,224 mm/jam. Lokasi penambangan di PT. Bukit Makmur Mandiri Utama memiliki Daerah Tangkapan Hujan dengan luas 460 ha yang dibagi menjadi lima daerah tangkapan hujan. Terdapat satu saluran terbuka untuk mencegah air limpasan masuk ke dalam pit. Debit air limpasan yang masuk ke saluran terbuka = 6,71 m³/detik, dengan dimensi h = 3,1 m; d = 3,0 m; b = 6,1 m; B = 3,9 m; a = 4,0 m; α = 60°. Besarnya volume sump pit Mentari adalah 150.802 m3. Sump pit Mentari menggunakan satu pompa Multiflo 420 E dengan debit pemompaan 503 m3/jam dengan putaran impeller 900 rpm. Spesifikasi pipa yang digunakan adalah pipa HDPE berdiameter 14 cm dengan panjang 1800 m.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TG Bridge engineering
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 16 Apr 2018 02:09
Last Modified: 16 Apr 2018 02:09
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15014

Actions (login required)

View Item View Item