PENINGKATAN PRODUKTIVITAS ALAT GALI MUAT DAN ALAT ANGKUT PADA PENAMBANGAN TANAH LIAT DI PT. SEMEN INDONESIA (PERSERO) TBK., KABUPATEN TUBAN, PROVINSI JAWA TIMUR

ARINATHA, MADE PRADNYA WIRADHITA (2018) PENINGKATAN PRODUKTIVITAS ALAT GALI MUAT DAN ALAT ANGKUT PADA PENAMBANGAN TANAH LIAT DI PT. SEMEN INDONESIA (PERSERO) TBK., KABUPATEN TUBAN, PROVINSI JAWA TIMUR. Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (465kB) | Preview

Abstract

PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang industri semen yang sekaligus bergerak dibidang industri pertambangan. Bidang industri pertambangan yang sedang dikerjakan salah satunya adalah penambangan tanah liat sebagai bahan baku dalam pembuatan semen. Kebutuhan Tanah liat dipenuhi oleh kuari Mliwang. Lokasi kuari tanah liat Mliwang Timur terletak di wilayah Desa Mliwang, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, Provinsi Jawa Timur. Kegiatan penambangan tanah liat menggunakan 1 unit Excavator Komatsu PC300-8 dan 9 unit Dump Truck Scania P380CB dengan pola pemuatan top loading dan single back up. Permasalahan yang terjadi saat ini ialah belum tercapainya target produksi tanah liat sebesar 1.750ton/hari. Produksi aktual tanah liat saat ini dengan kombinasi alat gali muat dan alat angkut sebesar 1.647,26ton/hari. Hal ini disebabkan rendahnya waktu kerja efektif akibat dari hambatan-hambatan yang terjadi dilapangan sehingga efisiensi kerja alat menjadi rendah. Waktu kerja efektif yang didapatkan sebesar 11,47jam/hari untuk alat gali muat dan 10,4jam/hari untuk alat angkut dan dapat dilakukan peningkatan waktu kerja efektif dengan menekan hambatan-hambatan yang ada. Upaya yang dapat dilakukan agar target produksi tanah liat dapat tercapai yaitu dengan meningkatkan waktu kerja efektif dan efisiensi kerja alat meningkat. Setelah ilakukan perbaikan pada waktu kerja efektif didapatkan peningkatan produksi tanah liat sebesar 1.805,89ton/hari.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 10 Apr 2018 02:12
Last Modified: 10 Apr 2018 02:12
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14946

Actions (login required)

View Item View Item