RENCANA KEBUTUHAN ALAT MUAT DAN ALAT ANGKUT DI KUARI XII BATUGAMPING PABRIK CILACAP PT. HOLCIM INDONESIA, Tbk TAMBAK REJA, CILACAP SELATAN, KABUPATEN CILACAP, PROVINSI JAWA TENGAH

SATYA, ARIF DWI (2018) RENCANA KEBUTUHAN ALAT MUAT DAN ALAT ANGKUT DI KUARI XII BATUGAMPING PABRIK CILACAP PT. HOLCIM INDONESIA, Tbk TAMBAK REJA, CILACAP SELATAN, KABUPATEN CILACAP, PROVINSI JAWA TENGAH. Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Cover.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Lembar pengesahan.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Daftar isi.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

PT. Holcim Indonesia, Tbk merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di industri semen yang terletak di Desa Karang Talun, Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah. PT. Holcim Indonesia, Tbk memenuhi kebutuhan bahan baku semen dengan melakukan penambangan batugamping di Kuari Nusakambangan. Masalah yang dihadapi yaitu menentukan berapa kebutuhan alat muat dan alat angkut yang harus digunakan pada kuari XII agar target produksi tercapai, dengan semakin jauhnya jarak angkut dari loading point menuju Hopper. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menentukan kamampuan produksi dari alat muat dan alat angkut yang digunakan serta menghitung keserasian kerja antara alat muat dan alat angkut. PT. Holcim Indonesia, Tbk menetapkan target produksi sebesar 1.600 ton/jam. Untuk mencapai trget produksi, penambangan di PT. Holcim Indonesia mengunakan alat muat Wheel Loader Caterpillar 990 H dan alat angkut Dump Truck Caterpillar 773 E. Dari hasil penelitian di lapangan didapatkan cycle time alat muat sebesar 54 detik dan cycle time alat angkut sebesar 765 detik. Faktor Koreksi untuk alat muat MA 90 %, PA, 91%, UA 82 %, dan EU 75 %, sedangkan faktor koreksi untuk alat angkut MA 92 %, PA 93 %, UA 83 %, EU 77%. Berdasarkan hasil perhitungan didapatkan kemampuan produksi Wheel Loader Caterpillar 990 H sebesar 613 ton /jam dan Dump Truck Caterpillar 773 E sebesar 151 ton/jam untuk kuari XII A, 156 ton/jam untuk kuari XII B, 143 ton/jam untuk kuari XII C, dan 135 ton/jam untuk kuari XII D. Dengan demikian kebutuhan alat muat Wheel Loader Caterpillar 990 H untuk setiap kuari sama yaitu 3 unit dan kebutuhan Dump Truck Caterpillar 773 E untuk setiap kuari mengalami penambahan karena jarak angkut dari front kerja menuju Hopper, 11 unit untuk kuari XII A, 11 unit untuk kuari XII B, 12 unit untuk kuari XII C, dan 12 unit untuk kuari XII D. Adapun faktor keserasian kerja untuk setiap kuari sebesar 0,87 untuk kuari XII A, 0,9 untuk kuari XII B, 0,89 untuk kuari XII C, dan 0,85 untuk kuari XII D.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 09 Apr 2018 07:21
Last Modified: 09 Apr 2018 07:21
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14937

Actions (login required)

View Item View Item