KAJIAN TEKNIS PRODUKTIVITAS ALAT GALI MUAT DAN ALAT ANGKUT UNTUK MENCAPAI TARGET PRODUKSI BATUANDESIT DI PT.ARGA WASTU DESA SANETAN, KECAMATAN SLUKE, KABUPATEN REMBANG PROVINSI JAWA TENGAH

AKBAR, FAISAL MUHAMMAD (2018) KAJIAN TEKNIS PRODUKTIVITAS ALAT GALI MUAT DAN ALAT ANGKUT UNTUK MENCAPAI TARGET PRODUKSI BATUANDESIT DI PT.ARGA WASTU DESA SANETAN, KECAMATAN SLUKE, KABUPATEN REMBANG PROVINSI JAWA TENGAH. Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (509kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

PT. Arga Wastu, merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang penambangan batu andesit yang berlokasi di Desa Sanetan, Kecamatan Sluke, Kabupaten Rembang, Provinsi Jawa Tengah. Lokasi penelititian berada di Kuari Lengis. Sistem Penambangan yang diterapkan oleh PT. Arga Wastu adalah sistem tambang terbuka. PT Arga Wastu menetapkan target produksi batu andesit uuntuk kuari Lengis adalah sebesar 30.000 ton/bulan. Proses pemuatan dan pengangkutan dilakukan dengan menggunakan alat mekanis 2 unit excavator backhoe Komatsu PC 300-8 melayani 4 unit dump truck Hino Ranger FM 260 TI dengan jarak maksimum menuju ke hopper 1400 m. Permasalahan yang terjadi adalah belum tercapainya produksi batu andesit dari alat muat dan alat angkut di kuari Lengis. Kemampuan produksi saat ini 21.467,95 ton/bulan, tidak tercapainya produksi ini dikarenakan adanya hambatan kerja baik yang dapat dihindari maupun yang tidak dapat dihindari. Dengan adanya hambatan-hambatan ini akan memperkecil waktu kerja efektif sehingga menyebabkan efisiensi kerja rendah. Upaya peningkatan produksi dapat dilakukan dengan cara meningkatkan waktu kerja efektif dan penambahan alat angkut. Produktivitas yang dihasilkan dengan cara meningkatkan waktu kerja efektif adalah sebesar 23.817,48 ton/bulan, sedangkan produktivitas dengan cara meningkatkan waktu kerja efektif dan penambahan jumlah alat angkut adalah sebesar 30.050,75 ton/bulan. Mencapai sasaran produksi yang telah ditentukan dilakukan dengan pengawasan terhadap waktu kerja yang telah ditetapkan dan kesiapan tim mekanik untuk mengurangi waktu yang terbuang perlu dilakukan guna mencegah hambatan-hambatan yang terjadi selama bekerja. Untuk mencapai target produksi terdapat 2 alternatif yaitu dengan melakukan perbaikan waktu kerja efektif dan melakukan penambahan unit alat angkut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 09 Apr 2018 06:56
Last Modified: 09 Apr 2018 06:56
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14931

Actions (login required)

View Item View Item