RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN CABAI (Capsicum frutescens) PADA PERLAKUAN KONSENTRASI PUPUK DAUN DAN PGPR (Plant Growth Promoting Rhizobacteria)

HANDOKO, IBNU (2018) RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN CABAI (Capsicum frutescens) PADA PERLAKUAN KONSENTRASI PUPUK DAUN DAN PGPR (Plant Growth Promoting Rhizobacteria). Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (88kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (169kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (9kB)
[img] Text
img002.pdf

Download (222kB)

Abstract

Dalam upaya meningkatkan hasil tanaman cabai tidak sedikit mengalami permasalahan seperti kesuburan tanah serta gangguan hama dan penyakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pupuk daun Suprasil dan PGPR (Plant Growth Promoting Rhizobacteria) terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman cabai serta mendapatkan konsentrasi pupuk daun Suprasil dan PGPR yang terbaik. Penelitian dilakukan di Kebun PT. Indmira, Jalan Kaliurang km. 16,3, Kabupaten Sleman, Yogyakarta pada bulan Juli sampai bulan Desember 2017. Metode percobaan menggunakan Rancangan Acak Lengkap dengan 2 faktor dan ditambah 1 kontrol. Faktor pertama adalah konsentrasi pupuk daun Suprasil terdiri atas : 1.000 ppm (N1), 2.000 ppm (N2), 3.000 ppm (N3) dan faktor kedua adalah konsentrasi PGPR yang terdiri atas : 5.000 ppm (V1), 10.000 ppm (V2), 15.000 ppm (V3). Parameter yang diamati meliputi tinggi tanaman, jumlah buah, diameter batang, umur berbunga, bobot buah dan bobot kering tanaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada parameter pertumbuhan dan hasil tanaman cabai konsentrasi Suprasil N3 (3.000 ppm) dan N2 (2.000 ppm) menunjukkan hasil yang terbaik dibandingkan dengan kontrol sedangkan konsentrasi PGPR tidak menunjukkan beda nyata antar konsentrasi. Dari kedua perlakuan tersebut menunjukkan ada interaksi pada umur berbunga. Kata kunci : cabai, PGPR (Plant Growth Promoting Rhizobacteria), suprasil

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Biological Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 06 Apr 2018 07:40
Last Modified: 06 Apr 2018 07:40
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14922

Actions (login required)

View Item View Item