KAJIAN GEOMETRI PELEDAKAN UNTUK MENCAPAI UKURAN FRAGMEN BATUAN YANG DIINGINKAN DI PIT SM-A3 PT. SIMS JAYA KALTIM SITE PT. KIDECO JAYA AGUNG

ANJASMARA, FIRMAN AUGUSTA (2018) KAJIAN GEOMETRI PELEDAKAN UNTUK MENCAPAI UKURAN FRAGMEN BATUAN YANG DIINGINKAN DI PIT SM-A3 PT. SIMS JAYA KALTIM SITE PT. KIDECO JAYA AGUNG. Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (417kB) | Preview

Abstract

PT. Sims Jaya Kaltim (PT. SJK) adalah perusahaan jasa pertambangan batubara yang kegiatannya terdiri dari waste removal, coal production serta pit operation and development. PT. SJK menangani site PT. Kideco Jaya Agung (PT. KJA) di Desa Batu Kajang Kecamatan Batu Sopang Kabupaten Paser Provinsi Kalimantan Timur selama 17 tahun. Kegiatan pembongkaran lapisan penutup di PT. SJK dilakukan dengan metode pengeboran dan peledakan. Dalam kegiatan peledakan, menghasilkan ukuran fragmen batuan ukuran boulder lebih besar dari 60 cm dengan persentasi rata-rata 30 %. Hal tersebut tidak sesuai dengan target yang diharapkan, karena target ukuran fragmen batuan lebih besar dari 60 cm hanya 20 %. Menurut perhitungan prediksi ukuran fragmen batuan, seharusnya dihasilkan ukuran fragmen batuan lebih besar dari 60 cm sebanyak 31,01 %. Terdapat selisih 1,01 % antara ukuran prediksi fragmen batuan dengan ukuran frgamen batuan aktual. Sehingga dibutuhkan geometri rancangan peledakan baru yang memiliki hasil prediksi ukuran fragmen batuan diatas 60 cm kurang dari 21,01 %. Perbaikan ukuran fragmen batuan menggunakan teori C.J Konya dan daerah cakupan energi untuk menghasilkan rancangan geometri peledakan usulan. Geometri peledakan saat ini memiliki nilai S/B ratio sebesar 1,11 dimana S/B ratio yang baik menurut Hustrulid (1999) yaitu 1,15. Geometri peledakan yang didapat dari teori C.J Konya dilakukan perbaikan untuk daerah cakupan energinya agar memiliki nilai S/B ratio sebesar 1,15. Rancangan geometri peledakan yang menjadi usulan adalah panjang burden 10 m, spasi 11,5 m, powder charge 4,4 m, stemming 3,6 m, nilai S/B ratio 1,15, powder factor 0,16 kg/m3 dan didapatkan ukuran frgamen batuan lebih besar dari 60 cm sebanyak 19,78 %.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 06 Apr 2018 06:24
Last Modified: 06 Apr 2018 06:24
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14919

Actions (login required)

View Item View Item