KAJIAN PELAKSANAAN REKLAMASI TAMBANG BATUBARA PADA PT. ARYA BENUA ETAM DI KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA PROPINSI KALIMANTAN TIMUR

SARIPUDIN, SARIPUDIN (2018) KAJIAN PELAKSANAAN REKLAMASI TAMBANG BATUBARA PADA PT. ARYA BENUA ETAM DI KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA PROPINSI KALIMANTAN TIMUR. Masters thesis, Univesitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Cover.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Daftar Isi.pdf

Download (39kB) | Preview

Abstract

Operasi produksi tambang batubara dapat menimbulkan dampak terhadap suatu lahan terutama gangguan keseimbangan permukaan tanah yang cukup besar, sehingga perlu dilakukan kegiatan reklamasi yang tepat dalam upaya peningkatan kualitas lahan dan perbaikan lahan bekas tambang. Pelaksanaan reklamasi yang dilakukan harus secara terencana, sistematis dan berkelanjutan. Kegiatan reklamasi merupakan wujud dan upaya untuk menerapkan pengelolaan pertambangan yang berwawasan lingkungan. Evaluasi lahan merupakan proses penilaian potensi suatu lahan untuk pengunaan lahan tertentu karena penggunaan yang berbeda memerlukan syarat yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pelaksanaan reklamasi yang telah dilakukan oleh PT. Arya Benua Etam berdasarkan penataan disposal area dan pemeliharaan top soil bank dan kesesuaian lahan terhadap vegetasi yang telah ditanam, memberikan alternatif perbaikan yang mampu dilakukan untuk memperbaiki kualitas lahan hasil reklamasi. Berdasarkan hasil penilitian kegiatan reklamasi yang telah dilakukan PT. Arya Benua Etam masih diperlukan perbaikan. Kegiatan penataan guna lahan yang telah dilakukan masih kurang efektif seperti tidak adanya saluran pembuangan air yang memadai serta tidak adanya bangunan pengendali erosi yang dibangun, dalam pengelolaan tanah pucuk, penyimpanan tanah pucuk terlihat tidak berada pada tempat yang layak seperti terdapat di genangan air, stock tanah pucuk juga terlalu tinggi. Dalam hal penataan permukaan tanah masih dijumpai permukaan tanah yang bergelombang dan tidak rata. Berdasarkan hasil pengamatan lapangan dan data dari pihak PT Arya Benua Etam tingkat keberhasilan reklamasi adalah 31 %. Hasil evaluasi lahan dijumpai adanya erosi yang dinilai sangat berat mengakibatkan lahan tidak berdaya guna dengan optimal, dalam hasil evaluasi lahan hampir semua lahan dikatagorikan tidak sesuai peruntukannya. Kata Kunci: Reklamasi, Lahan Bekas Penambangan, Tingkat Pencapaian Reklamasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 06 Apr 2018 04:19
Last Modified: 06 Apr 2018 04:22
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14914

Actions (login required)

View Item View Item