ANALISIS PERILAKU KOMUNIKASI KHALAYAK PENGIKUT FOODSTAGRAM UNTUK MENGUNJUNGI KAMPUNG ARAB RESTO AND CAFE

BAQIR, MUHAMMAD (2018) ANALISIS PERILAKU KOMUNIKASI KHALAYAK PENGIKUT FOODSTAGRAM UNTUK MENGUNJUNGI KAMPUNG ARAB RESTO AND CAFE. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
hal.Pengesahan.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (112kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Khalayak saat ini dimanjakan dengan banyaknya informasi yang dapat dicari dan ditemukan dalam sekejap mata pada jejaring sosial. Hal ini membuat para pelaku usaha kuliner mulai melakukan promosi melalui jejaring sosial, salah satunya instagram. Penelitian ini menyorot instagram sebagai salah satu jejaring sosial yang banyak digunakan pelaku bisnis kuliner dalam media berpromosi termasuk oleh Kampung Arab Resto and Cafe. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang menghasilkan data berupa kata-kata, kalimat, atau narasi yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan studi pustaka. Didalam instagram terdapat akun khusus para pecinta kuliner yang dikenal dengan foodstagram. Akun foodstagram ini mulai menjadi sarana baru dalam berpromosi bagi para pengusaha kuliner. Dengan mengusung konsep media baru, penelitian ini menggunakan teori social information processing karena terdapat proses pertukaran informasi yang terjadi pada pemilik akun foodstagram dengan para khalayaknya Kehadiran akun tersebut menimbulkan perilaku tersendiri dari khalayak foodstagram. Hasil penelitian ini menunjukkan bagaimana komunikasi pada foodstagram berdampak memunculkan perilaku tersendiri oleh para khalayak pengikut akun foodstagram. Respon yang ditemui berupa jumlah like dan komentar yang terbilang besar dan juga perilaku khalayak menyebarkan informasi seputar kuliner antar satu sama lainnya melalui fitur tagging (@) dan hastag(#), sampai akhrinya menimbulkan perilaku khalayak foodstagram untuk datang berkunjung.Perilaku komunikasi khalayak ini menunjukan dunia digital digunakan sebagai alat komunikasi interaktif yang dapat digunakan sebagai sarana pemberi informasi (komunikator) dan juga pencaharian informasi (komunikan) yang keduanya dapat bertemu pada jejaring sosial dan saling memaknai satu sama lainnya. Kata Kunci: Perilaku, Komunikasi, Khalayak, Foodstagram, Soscial Informacing Procecing

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 06 Apr 2018 03:25
Last Modified: 06 Apr 2018 03:25
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14899

Actions (login required)

View Item View Item